PERUBAHAN PERAN MASJID DI KOTA AMBON MASA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Safitri ana Bey
  • H. Rajab Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Muhamad Rahanjamtel Institut Agama Islam Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/jsi.v12i2.5541

Keywords:

Peran Masjid, Pembinaan Pendidikan Islam, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran masjid dalam pembinaan pendidikan Islam di kota Ambon yang terjadi sebelum pandemi Covid-19 dan saat terjadinya pandemi Covid-19 serta untuk mengetahui faktor penunjang dari perubahan tersebut. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan studi komparasi. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran masjid dalam pembinaan pendidikan Islam di kota Ambon sebelum terjadinya pandemi Covid-19 telah dilaksanakan dengan baik dalam bentuk aktivitas keagamaan dan program pembinaan sesuai dengan lokasi masjid itu berada, akan tetapi saat pandemi Covid-19 pada tahun 2020 hingga awal tahun 2021 peran masjid hanya dimaksimalkan sebisa mungkin untuk tetap menjalankan shalat lima waktu berjamaah dengan prokotol kesehatan yang ketat pada masa itu. Perubahan peran masjid dalam pembinaan pendidikan Islam terdapat pada teknis pelaksanaan dan penyelenggaraan pembinaan pendidikan Islam tersebut. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan dan persamaan peran masjid dalam pembinaan pendidikan Islam di kota Ambon sebelum dan saat pandemi Covid-19. Faktor penunjang terjadinya perubahan peran masjid dalam pembinaan pendidikan Islam di kota Ambon sebelum dan saat pandemi Covid-19 diantaranya: adanya kebijakan, peraturan maupun fatwa dari pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat Islam, kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap penularan virus Covid-19 serta resiko dan ancamannya bagi kesehatan dan keselamatan jiwa, pengawasan dan kunjungan oleh pihak gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, dan adanya himbauan pengurus masjid serta kerja sama dengan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Kata Kunci: Peran Masjid, Pembinaan Pendidikan Islam, Pandemi Covid-19

References

An-Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-Prinsip dan Metoda Pendidikan Islam Dalam Keluarga Sekolah dan Masyarakat. Darul Fikr: Bandung.

Ayub, Mohammad E. (1996). Manajemen Masjid. Jakarta: Gema Insani.

Buana, Dana Riska. (2020) Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam : Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kementrian Agama RI. (2010). al-Qur’an Tajwid dan Terjemahannya dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Hadits Sahih. Bandung: Sygma Examedia Arkanleema.

Majid, A A. Artikel DJKN; Protokol Kesehatan 5M dan Kesehatan Imun untuk Hadapi Varian Baru Covid-19 Retrieved from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-jateng/baca-artikel/13981/Protokol-Kesehatan-5M-dan-Kesehatan-Imun-untuk-Hadapi-Varian-Baru-Covid-19.html diakses pada tanggal 15 November 2021.

Makmun, Abidin Syamsudin. (2000). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saputra, Kosasih Adi. Eman Sungkawa. Alex Anis Ahmad. (2021) Pengelolaan Standar Kesehatan Pada Rumah Ibadah dalam Mencegah Penularan Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Sarnoto, Ahmad Zain. dkk. (2021). Kegiatan dan Program Dakwah selama Pandemi (Studi Lapangan Masjid Jami’ Al-Azhar Jakapermai, Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia), dalam Prosiding Seminar Antara Bangsa: Inovasi Masjid ketika Pandemik 2021 (SIMPan21). Malaysia: Pusat Islam UTM.

Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19, Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Rangka Menurunkan Transmisi Covid-19 Retrieved from https://covid19.ulm.ac.id diakses pada tanggal 28 Juni 2022.

Yani, Ahmad. (2018). Panduan Memakmurkan Masjid; Kajian Praktis bagi Aktivis Masjid. Kebayoran Lama: LPPD Khairu Ummah.

Downloads

Published

01-01-2024

How to Cite

Bey, S. ana, Rajab, H., & Rahanjamtel, M. (2024). PERUBAHAN PERAN MASJID DI KOTA AMBON MASA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19. Jurnal Studi Islam, 12(2), 182–204. https://doi.org/10.33477/jsi.v12i2.5541

Issue

Section

Articles