ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN BISNIS UMKM PASCA SERTIFIKASI HALAL (Studi Pelaku UMKM Makanan dan Minuman di Kabupaten Pamekasan)
DOI:
https://doi.org/10.33477/eksy.v6i02.8115Keywords:
Peluang dan Tantangan; Pengembangan Usaha; UMKM; Sertifikasi HalalAbstract
Sertifikasi halal adalah proses yang dilakukan untuk memastikan bahwa suatu produk, baik makanan, minuman, kosmetik, maupun produk lainnya, telah memenuhi standar kehalalan sesuai syariat Islam. Sertifikasi ini tidak hanya menjadi syarat penting dalam menarik konsumen, namun juga memberikan peluang bagi para pelaku UMKM untuk memperluas pasar, baik di tingkat lokal maupun nasional. UMKM merupakan sektor yang sangat penting dalam perekonomian, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Pengembangan usaha meliputi kegiatan peningkatan skala, inovasi produk, perluasan pasar, dan inovasi pasar. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah untuk mengetahui peluang dan tantangan UMKM di Pamekasan. Penelitian dilakukan di Kue Mangkok, Ruang Makan, Suling Rempah Murni, Nyih Hai, Dapur Mila, Kerupuk Puli, Basaraya dan Rengginang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sumber data yang digunakan adalah data sekunder dan primer, teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh sertifikasi halal terhadap pengembangan bisnis UMKM di sektor makanan dan minuman, serta mengidentifikasi strategi untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan.
References
Adha, N., & Vahlevi, D. R. L. (2022). ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN HOME INDUSTRI KERUPUK PULI UD. VISKAR MANDIRI. 3.
Ahmad Rizki. (Oktober). Hasil Wawancara UMKM Sertifikasi Halal.
Anis Pratista. (Oktober). Hasil wawancara dengan pelaku UMKM Kue Mangkok.
Bahar Zainal. (oktober). Hasil Wawancara UMKM Sertifikasi Halal.
Cantika, C. (t.t.). ANALISIS TANTANGAN DAN PELUANG BISNIS RANGGINANG DI KECAMATAN CIPARAY.
Dani Umbara, B., & Faqih Supandi, A. (2022). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Halal di Jember dalam Menghadapi Persaingan Pasar Nasional (Studi pada Peluang dan Tantangan). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI), 2(2), 86–103.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1).
Faridah, H. D. (2019). Halal certification in Indonesia; history, development, and implementation. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68.
Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135.
Hidayat, A. S., & Siradj, M. (2019). Sertifikasi Halal dan Sertifikasi Non Halal pada Produk Pangan Industri. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 15(2).
Jamila. (2024). Hasil Wawancara UMKM Sertifikasi Halal.
Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112.
Pratiwi, R. (t.t.). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA RENGGINANG PULUT DENGAN METODE ANALISIS SWOT (STUDI KASUS USAHA RENGGINANG PULUT CV. UUL JAYA DI DESA KEBUN LADA KECAMATAN HINAI KABUPATEN LANGKAT).
Puspaningtyas, M., Sulastri, S., & Putri, D. M. (2020). Sertifikat Halal Bagi Produk Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Citra UMKM di Kabupaten Blitar. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 9(2), 101.
Safitri, I. (2020). Peluang, Tantangan dan Strategi Pengembangan UMKM di Indonesia Pada Masa Pandemi COVID-19.
Salam, D. Q. A., & Makhtum, A. (t.t.). IMPLEMENTASI JAMINAN PRODUK HALAL MELALUI SERTIFIKASI HALAL PADA PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN UMKM DI KABUPATEN SAMPANG. The Leader, 3(1).
Sari, D. (2020). Analisis Strenght Weakness Opportunity Threat (SWOT) Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Penjualan Roti. PRAGMATIS, 1(1), 7.
Sasoko, D. M., & Mahrudi, I. (t.t.). TEKNIK ANALISIS SWOT DALAM SEBUAH PERENCANAAN KEGIATAN. 22.
Shilviani, N., & Riyanto, S. (t.t.). Peluang dan Tantangan Usaha Restoran Bersertifikasi Halal
Siti Chairiyah. (oktober). Hasil Wawancara UMKM Sertifikasi Halal.
Suarto, E. (2019). Pengembangan Objek Wisata Berbasis Analisis SWOT. Jurnal Spasial, 3(1).
Sulaiman, A., & Asmawi, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen dan Profitabilitas Pada Rich's Coffe. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 11(1), 19.
Syafi’ah, D. M., & Qadariyah, L. (2022). Analisis Implementasi Jaminan Produk Halal Melalui Sertifikasi Halal Pada Produk Olahan Salak I. 5.
Ummah, A. C., Bahrudin, Moh., & Hilal, S. (2023). Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Pada Minat Beli Produk Makanan. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (Ekuitas), 4(4), 1113–1119.
Wahyuni, H. C., Handayani, P., & Wulandari, T. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 17–25.
Yuningsih M, A. A., Putri, R. E., & Jubba, H. (2023). Implikasi Sertifikasi Halal terhadap Perkembangan Industri Halal di Indonesia. Al-Tijary, 8(2), 155–169.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 fadhilatul26, Taufiqur Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.