EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII PPS ISHAKA AMBON

Penulis

  • Asni Wati Wattimena IAIN Ambon
  • Nur Afriani Nukuhaly IAIN Ambon
  • Dinar Riaddin IAIN Ambon
  • Ahmad Salatalohy IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/hp.v16i1.2555

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII PPS Ishaka Ambon. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII PPS Ishaka Ambon tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 38 siswa yang terdistribusi dalam dua kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 dan VII 2 yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksaan model pembelajaran dan tes yang berbentuk soal tes.

Kesimpulan bahwa model pembelajaran role playing efektif terhadap hasil belajar pada materi aritmatika sosial siswa pada kelas VII PPS Ishaka Ambon tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai Signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dengan nilai signifikansi yang digunakan 0,05. Karena Sig. < α yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran role playing dengan siswa yang diajar menggunakan  model pembelajaran langsung dan berdasarkan uji N-Gain score diperoleh nilai 0,4 atau efektivitasnnya berada pada kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII PPS Ishaka Ambon.

Kata kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar

Referensi

Alfi Muhammad & Rahmawati, Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Tanpa Menggunakan Alat Peraga Dalam Memahami Konsep Segitiga di kelas VII Mts Siti Mariam Banjarmasin.

Anggriani Risva, Ishartiwi Ishartiwi, 2017. Keefektifan Metode Role Playing Terhadap Keaktifan Dan Kerja Sama Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Marioriawa, Vol 4, No 2

Arikunto Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta.

B Uno Hamzah,2012 Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Fitry, Maizora, Rusdi, 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 21, Kota Bengkulu.

Hamalik Oemar, Proses Belajar.

Hamdayama Jumanta, 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia

Hartono,1996. Kamus Praktis Bahasa Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.

Kardoyo, 2009, Model Pembelajaran Role Playing PadaPembelajaranPS-Ekonomi Materi Pokok Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi. Journal. (Online).

Kartini, Tien, 2007, Penggunaan MetodeRole Playing Untuk Meningkatkan Minat SiswaDlam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.Journal.

Lampiran IV Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013,Pedoman Umum Pembelajaran.

Mardalis, 2014. ”Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal”, Ed.1 Cet. 13 – Jakarta: Bumu Aksara.

Mufarrokah Anisatul, 2009. Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras

Mulyono, Strategi pembelajaran...,

Mursalin, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Bervisi SETS (Science, Environment, Technology And Society) dan Berbasis Kewirausahaan Kimia (Chemoentrepreneurship) Kompetensi Terkait Hidrokarbon Dan Minyak Bumi. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 22(2), 113-127.

Nasution S, 1995. Belajar Dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, 2010. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Putri Indah Surya, Firman Firman, Model Role Playing, Pembelajaran Tematik Terpadu dan Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar , Padang.

Ridwan, 2011. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4 Bandung: Alfabeta.

Shoimin Aris, 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto,1995. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subana H.M., M.Pd.; Sudrajat, S.Pd,2001.“Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah” Bandung:Pustaka Setia.

Sudjana Nana, 1995. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, Slameto, Belajar dan factor.

Sugiyono, 2012. “Metode Penelitian pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D)” Bandung:Alfabeta.

Syah Muhibbin, 2008. Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosada.

Tri Hartati, Widiyantoi, Nina Oktarina, 2012. Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Bandung

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Utsman Muhammad User, 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahab, A. 1998. Metodologi Pengajaran IPS. Jakarta : Karunia.

Zaini Hisyam, dkk, 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta:Pustaka Insan Madani.

Diterbitkan

2021-06-20