KARAKTERISTIK BAHASA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS XII MIPA 2 SMAN 1 BANGIL KABUPATEN PASURUAN

Authors

  • Wa Mirna IAIN AMBON

DOI:

https://doi.org/10.33477/lingue.v1i1.1178

Abstract

Abstract The purpose of this study is to describe the language characteristics of teachers in learning activities at SMAN 1 Bangil, Pasuruan Regency. Research data in the form of teacher's speech containing the characteristics of the teacher's language in the form of repetition, simplification, question sentences, code mixing, and code switching. The results showed the characteristics of the teacher's language in the teacher's speech during learning activities. Repetition is contained in the teacher's speech at SMAN 1 Bangil in class XII MIPA 2 when explaining, asking, ordering and strengthening. Simplification is in the speech at SMAN 1 Bangil in class XII MIPA 2 when asking questions and commanding. The question sentence is contained in the teacher's speech at SMAN 1 Bangil in class XII MIPA 2 when explaining, commanding, and asking questions. The code mix is contained in the teacher's speech at SMAN 1 Bangil in class XII MIPA 2 when explaining, asking, and reinforcing. The code switching is found in the teacher's activities at SMAN 1 Bangil in class XII MIPA 2 when asking questions, commanding, and strengthening. Keywords: teacher language, teacher language characteristics, learning activities Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik bahasa guru dalam kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Data penelitian berupa tuturan guru yang mengandung karakteristik bahasa guru berupa repetisi, penyederhanaan, kalimat tanya, campur kode, dan alih kode. Hasil penelitian menunjukkan adanya karakteristik bahasa guru pada tuturan guru saat kegiatan pembelajaran. Repetisi terdapat dalam tuturan guru di SMAN 1 Bangil di kelas XII MIPA 2 saat menjelaskan, bertanya, memerintah dan menguatkan. Penyederhanaan terdapat dalam tuturan di SMAN 1 Bangil di kelas XII MIPA 2 saat bertanya dan memerintah. Kalimat Tanya terdapat dalam tuturan guru di SMAN 1 Bangil di kelas XII MIPA 2 saat menjelaskan, memerintah, dan bertanya. Campur kode terdapat dalam tuturan guru di SMAN 1 Bangil di kelas XII MIPA 2 saat menjelaskan, bertanya, dan menguatkan. Alih kode terdapat dalam kegiatan guru di SMAN 1 Bangil di kelas XII MIPA 2 saat bertanya, memerintah, dan menguatkan. Kata kunci: Bahasa guru, karaketeristik bahasa guru, kegiatan pembelajaran

References

Ahmadi, Mukhsin.1990.Strategi Belajar- Mengajar. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh

Deffy Murfianti Sri Putro. 2012. ”Tuturan Ekspresif Pada Pembelajaran Guru Dan Siswa di Beberapa SD Negeri Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012” Naskah Publikasi. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Efendi, Anwar.2008. Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Tiara Wacana

Ellis, Rod. 1986. Understanding Second Language Acquisition. New York:Oxford University Press.

Faturrohman. 2007. Strategi belajarmengajar. Bandung: RefikaAditama.

Hasibuan dan Moejiono. 2008. Proses belajar- mengajar.Bandung:RemajaRosdakarya.

I Wayan Gede Mega Saputra.2014. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Undiksha

Ibrahim, Abd.Syukur. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional. Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Karya.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafinddo Persada.

Mei Lamria Entalya Nababan. 2012. “Kesantunan Verbal dan Nonverbal pada Tuturan direktif dalam pembelajaran di SMP Taman Rama National Plus Jimbaran” Artikel. Program Studi Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Moleong, Lexy. 2009. Motode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda

Pamungkas, Sri. 2012. Bahasa Indonesiadalam berbagai Perspektif. Yogyakarta: Andi Offset.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yufrizal, Hery. 2008. An Introduction to Second Language Acquisition. Bandung: Pusaka Reka Cipta.

Downloads

Published

2020-01-14

How to Cite

Mirna, W. (2020). KARAKTERISTIK BAHASA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS XII MIPA 2 SMAN 1 BANGIL KABUPATEN PASURUAN. Lingue : Jurnal Bahasa, Budaya, Dan Sastra, 1(1), 54–67. https://doi.org/10.33477/lingue.v1i1.1178