INOVASI PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN BERDASARKAN KONTEKS KEARIFAN LOKAL MALUKU
DOI:
https://doi.org/10.33477/lingue.v3i2.2381Abstract
ABSTRAK
Inovasi pembelajaran menulis pantun dengan konteks kearifan lokal Maluku berisi muatan nilai – nilai pendidikan karakter yang didalamnya memuat beragam nilai multikultural daerah Maluku diantaranya meliputi bahasa, budaya, adat istiadat, lagu daerah, tarian daerah, dan objek wisata. Keanekaragaman konteks kearifan lokal Maluku perlu diketahui, dipelajari, dan diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari - hari. Pembelajaran menulis dengan mengintegrasikan konteks kearifan lokal Maluku sangat penting dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dilakukan agar pembelajaran di dalam kelas dapat menarik perhatian siswa, menambah pengetahuan siswa, dan membuka wawasan siswa tentang konteks kearifan lokal Maluku. Keanekaragaman konteks kearifan lokal Maluku tersebut dapat diinovasikan dan direalisasikan melalui kegiatan menulis pantun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran menulis pantun berdasarkan konteks kearifan lokal Maluku. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini berupa inovasi pembelajaran menulis pantun berdasarkan konteks kearifan lokal Maluku, yang terdiri atas (1) pemahaman konsep dasar menulis pantun, (2) menulis pantun berdasarkan ransang gubahan pantun daerah Maluku, (3) menulis pantun berdasarkan objek wisata dan budaya Maluku, dan (4) menulis pantun berdasarkan lagu daerah Maluku. Hasil penelitian ini disajikan dengan menggunakan dua teknik, yaitu teknik naratif dan teknik deskripsi. Kedua teknik tersebut digunakan untuk mendeskripsikan keempat data tersebut dengan tujuan yang berbeda.
Kata Kunci : inovasi pembelajaran, pantun, kearifan lokal Maluku
References
Agusta, I. Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif, (Online), (http://www.anneahira.com/teknik-analisis-data-penelitian-kualitatif.htm),
diakses 10 November 2019.
Creswell, J. 2009. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan Achmad Fawaid. 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Ghawa, John. 2006. Kebijakan dalam 1001 Pantun. Cetakan 2. Jakarta: Kompas Media Nusantara
Imawati, Eni. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Literasi, 1(1): 1-16
Mahsun, M.S. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurgiyantoro. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Putra, Erik Purnama. 2008. Gerakan Menggiatkan Budaya Literal. Media Indonesia. 31 Mei, hlm. 6.
Slavin, Robert E. 2006. Educational Psychology, Theory, and Practice. USA: Pearson Education Inc.
Spradley, James P. 2007. Metode Etnografi. Terjemahan dari Misbah Zulfa Elizabeth. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Surana. 2001. Pengantar sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
If accepted for publication, the copyright of the article belongs to the author. Copyright includes the exclusive right to reproduce or transmit manuscripts in any form and media: reprint, produce photographs, microfilm, or translated versions of the manuscript. Increasing parts of this journal, storage and transmission of databases of any form or media, such as electronic copies, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media and so on are permitted without permission. LINGUE: Jurnal Bahasa, Budaya dan Sastra, allow readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link the fulltext of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. However, it can not be used for commercial purposes
Jika diterima untuk publikasi, hak cipta artikel adalah milik penulis. Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi atau mengirimkan manuskrip dalam bentuk dan media apa pun: mencetak ulang, menghasilkan foto, mikrofilm, atau versi terjemahan dari manuskrip tersebut. Memperbanyak bagian jurnal ini, penyimpanan dan transmisi database dalam bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, salinan elektrostatis dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetis, dan sebagainya diizinkan tanpa izin. LINGUE: Jurnal Bahasa,Budaya dan Sastra, memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca untuk menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya. Namun, tidak dapat digunakan untuk tujuan komersial
LINGUE : Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-TanpaTurunan 4.0 Internasional.