INOVASI PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN BERDASARKAN KONTEKS KEARIFAN LOKAL MALUKU

Authors

  • wa mirna INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI AMBON

DOI:

https://doi.org/10.33477/lingue.v3i2.2381

Abstract

ABSTRAK

Inovasi pembelajaran menulis pantun dengan konteks kearifan lokal Maluku berisi muatan nilai – nilai pendidikan karakter yang didalamnya memuat beragam nilai multikultural daerah Maluku diantaranya meliputi bahasa, budaya, adat istiadat, lagu daerah, tarian daerah, dan objek wisata. Keanekaragaman konteks kearifan lokal Maluku perlu diketahui, dipelajari, dan diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari - hari. Pembelajaran menulis dengan mengintegrasikan konteks kearifan lokal Maluku sangat penting dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dilakukan agar pembelajaran di dalam kelas dapat menarik perhatian siswa, menambah pengetahuan siswa, dan membuka wawasan siswa tentang konteks kearifan lokal Maluku. Keanekaragaman konteks kearifan lokal Maluku tersebut dapat diinovasikan dan direalisasikan melalui kegiatan menulis pantun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran menulis pantun berdasarkan konteks kearifan lokal Maluku. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini berupa inovasi pembelajaran menulis pantun berdasarkan konteks kearifan lokal Maluku, yang terdiri atas (1) pemahaman konsep dasar menulis pantun, (2) menulis pantun berdasarkan ransang gubahan pantun daerah Maluku, (3) menulis pantun berdasarkan objek wisata dan budaya Maluku, dan (4) menulis pantun berdasarkan lagu daerah Maluku. Hasil penelitian ini disajikan dengan menggunakan dua teknik, yaitu teknik naratif dan teknik deskripsi. Kedua teknik tersebut digunakan untuk mendeskripsikan keempat data tersebut dengan tujuan yang berbeda.

Kata Kunci : inovasi pembelajaran, pantun, kearifan lokal Maluku

Author Biography

wa mirna, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI AMBON

Wa mirna menyelesaikan studi S2 di Pascasarjana UM Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Saat ini Mirna tercatat sebagai dosen PGMI IAIN Ambon

References

Agusta, I. Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif, (Online), (http://www.anneahira.com/teknik-analisis-data-penelitian-kualitatif.htm),

diakses 10 November 2019.

Creswell, J. 2009. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan Achmad Fawaid. 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ghawa, John. 2006. Kebijakan dalam 1001 Pantun. Cetakan 2. Jakarta: Kompas Media Nusantara

Imawati, Eni. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Literasi, 1(1): 1-16

Mahsun, M.S. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurgiyantoro. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Putra, Erik Purnama. 2008. Gerakan Menggiatkan Budaya Literal. Media Indonesia. 31 Mei, hlm. 6.

Slavin, Robert E. 2006. Educational Psychology, Theory, and Practice. USA: Pearson Education Inc.

Spradley, James P. 2007. Metode Etnografi. Terjemahan dari Misbah Zulfa Elizabeth. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Surana. 2001. Pengantar sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Published

2021-12-30

How to Cite

mirna, wa. (2021). INOVASI PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN BERDASARKAN KONTEKS KEARIFAN LOKAL MALUKU. Lingue : Jurnal Bahasa, Budaya, Dan Sastra, 3(2), 112–124. https://doi.org/10.33477/lingue.v3i2.2381