PENERAPAN PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB (MUFRODAT) DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR (APPLICATION OF ARABIC VOCABULARY LEARNING (MUFRODAT) AT MODERN PONDOK DARUSSALAM GONTOR)
DOI:
https://doi.org/10.33477/lingue.v4i2.4336Abstract
ABSTRACT
This study aims to describe how the application of learning Arabic vocabulary with several methods as well as evaluating the learning methods implemented. This type of research is descriptive qualitative with observation and documentation techniques. At the observation stage, the author observed the activities of the management of the language section of the Modern Gontor Islamic Boarding School in implementing the Arabic language program. The object under study is in the form of several methods that are taught to apply learning such as Ilqo mufrodat, Muhadatsah, Insya', and ghina' Araby. In its application several methods have shown significantly increased results. Especially active speaking skills. As for the evaluation, the cooperation between teachers and administrators of the language section is passive, so that the majority still underestimate teaching this language..
Keywords: Vocabulary, Method, Arabic.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran kosakata bahasa arab dengan beberapa metode serta evaluasi tentang metode pembelajaran yang dilaksanakan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Pada tahap observasi, penulis mengobservasi kegiatan pengurus bagian kebahasaan pondok pesantren modern gontor dalam menerapkan program bahasa Arab. Adapun ini objek yang diteliti berupa beberapa metode yang diajarkan untuk menerapkan pembelajaran seperti Ilqo mufrodat, Muhadatsah, Insya’, dan ghina’ Araby. Dalam penerapannya beberapa metode telah menujukkan hasil meningkat secara signifikan. Terutama keterampilan berbicara yang aktif. Adapun evaluasinya kerjasama antar pengajar dan pengurus bagian bahasa yang pasif, sehingga mayoritas masih memandang remeh pengajaran bahasa ini.
References
Waani, fonny J Dan N Kandowangko, “Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara” 12, no. 4 (2019): 18.
Nurhamsah , Syuhadak , dan Ila Ifawati, Nur, Vol. 9 No. 2, December 2021 “Manajemen Kurikulum Pendidikan Diniyah Formal Pembelajaran Nahwu dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca di Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Sulawesi Barat”, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Fathurrochman, Irwan, “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup,” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (19 Juni 2017): 85, https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.216.
Mufidah, Nuril Dan Rohima, Intan Izha, Vol. 1 No. 1, April 2020, ”Pengajaran Kosa Kata Untuk Mahasiswa Kelas Intensif Bahasa Arab”
Utami, Rizka Ridho, Muhafidhoh, Siti, Sari, Ulfi Andrian, Vol 4 November 6-7, 2019, ”Penerapan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab (Mufrodat)”
Al-Asili, Abdul Aziz bin Ibrahin, (2008). Min Khosoisi Al-Lughoh Arobiyah. Riyadh: Kunuz Syibilia
Nisa, Ika Khoirun, Rahmi, Novita, dan Walfajri, “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Di Mts Ma’arif Nu 07 Purbolinggo” Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 12, No. 2, (November 2020), DOI : 10.21043/arabia.v12i2.7878
Turohmah, Fauzia, Mayori, Elsa dan Sari, Resna Yuliana, JPLS : Media pembelajaran Word Wall dalam meningkatkan kemampuan mengingat kosa kata bahasa Arab Vol. 14, No. 1, Mei 2020, hlm. 013-019 DOI: 10.32832/jpls.v13i2.2634
Khansa, Hasna Qonita, Malang, Oktober 2016, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab
M. A., Al-Khuli, (2010). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Basan Publishing.
Qodariyah, L., (2016). Pembelajaran Mufrodat Melalui MetodeBernyanyi di MTs MA’ARIF NU 02 Cilongkok Kab. Banyumas. IAIN Purwokerto.
Fajriah, Z., (2015). Peningkatan Penguasaan kosa kata bahasa arab (mufrodat) melalui penggunaan media Kartu Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1).
S, Mustofa, (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Maliki Press
Effendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab (Malang: Misykat, 2005), hlm. 96
Kaharuddin, AL-ISHLAH : Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kemampuan Muhadatsah, Januari – Juni 2018, Jurnal Studi Pendidikan Vol XVI | No.1
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
If accepted for publication, the copyright of the article belongs to the author. Copyright includes the exclusive right to reproduce or transmit manuscripts in any form and media: reprint, produce photographs, microfilm, or translated versions of the manuscript. Increasing parts of this journal, storage and transmission of databases of any form or media, such as electronic copies, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media and so on are permitted without permission. LINGUE: Jurnal Bahasa, Budaya dan Sastra, allow readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link the fulltext of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. However, it can not be used for commercial purposes
Jika diterima untuk publikasi, hak cipta artikel adalah milik penulis. Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi atau mengirimkan manuskrip dalam bentuk dan media apa pun: mencetak ulang, menghasilkan foto, mikrofilm, atau versi terjemahan dari manuskrip tersebut. Memperbanyak bagian jurnal ini, penyimpanan dan transmisi database dalam bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, salinan elektrostatis dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetis, dan sebagainya diizinkan tanpa izin. LINGUE: Jurnal Bahasa,Budaya dan Sastra, memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca untuk menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya. Namun, tidak dapat digunakan untuk tujuan komersial
LINGUE : Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-TanpaTurunan 4.0 Internasional.