KAJIAN SOSIOLINGUISTIK PENGGUNAAN BAHASA DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN PUTRA AL ANWAR 3 SARANG REMBANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33477/lingue.v5i2.6258

Abstract

Abstrak

Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi manusia. Melalui bahasa, manusia dapat menyampaiakn sesuatu yang dirasakan kepada lawan tutur. Penggunaan bahasa antara manusia satu dengan lainnya tidak dapat disamaratakan. Hal ini disebakan penggunaan bahasa dipengaruhi oleh bebrerapa faktor yang saling berkaitan. Untuk mengetahui ragam penggunaan bahasa dalam suatu lingkungan masyarakat maka diperlukan suatu kajian sosiolinguistik. Kajian sosiolinguitik mempunyai peranan sebagai bahan pertimbanagan dalam pemilihan bahasa yang akan digunakan dalam berkomunkasi dan berinteraksi dengan lawan tutur. Pondok pesantren merupakan salah satu lingkungan masyarakat yang memiliki kompleksitas berbahasa yang dibawa dan ditularkan oleh para santri dari berbagai macam daerah. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan bahasa di lingkungan Pondok Pesantren Putra Al Anwar 3 Sarang Rembang serta mengetahui faktor yang melatar belakangi penggunaan bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian sosiolinguistik dengan menggunakan desain kualitatif-deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan merdeuksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penggunaan bahasa dalam interaksi, komunikasi dan kegiatan sehari-hari di lingkungan Pondok Pesantren Putra Al Anwar 3 Sarang dengan menggunakan bahasa Indonesia, bahasa jawa, bahasa daerah luar jawa dan bahasa campuran. Faktor yang melatarbelakangi penggunaan bahasa tersebut adalah status sosial dan latar belakang penutur serta kondisi lawan tutur.

Kata Kunci: Bahasa, Sosiolinguistik, Pesantren

 

 

Abstract

Language is one of the tools of human communication. Through language, humans can convey something they feel to the person they are speaking to. The use of language between humans cannot be generalized. This is because language use is influenced by several interrelated factors. To find out the variety of language uses in a society, a sociolinguistic study is needed. Sociolinguistic studies have a role as material for consideration in selecting the language to be used in communicating and interacting with interlocutors. Islamic boarding schools are a community environment that has complex languages brought and transmitted by students from various regions. This research aims to describe and analyze language use in the Putra Al Anwar 3 Sarang Rembang Islamic Boarding School environment and determine the factors behind language use. This research is sociolinguistic research using a qualitative-descriptive design. Data collection was carried out using observation, interview and documentation techniques. Data analysis is carried out by reducing data, presenting data and drawing conclusions. The results of this research are the use of language in interaction, communication and daily activities in the Putra Al Anwar 3 Sarang Islamic Boarding School environment using Indonesian, Javanese, regional languages outside Java and mixed languages. The factors behind the use of language are the social status and background of the speaker as well as the condition of the interlocutor.

Keyword: Sociolinguistic, Language, Boarding School

References

Abdurrahman. 2008. “Sosiolinguistik: Teori, Peran, Dan Fungsinya Terhadap Kajian Bahasa Sastra.” LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra 3 (1): 18–37. https://doi.org/10.18860/ling.v3i1.571.

Abidin, Zainal. 2023. Aktivitas di PP Putra Al Anwar 3.

Adib, Abdul. 2021. “Metode pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren.” Jurnal Mubtadiin 7 (01): 232–46.

Ainunnisa, Astari. 2021. “Bahasa dalam Pondok Pesantren (Kajian Sosiolinguistik Terhadap Variasi Bahasa di Pondok Pesantren Ar-Ridwa Bekasi).” Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4 (1): 1–11.

Anshori, Muchlis, dan Billy Eka Wardana. 2022. “Implementasi Metode Bandongan dan Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Tanwirunnida’Dusun Rambeanak 2 Desa Rambeanak Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang.” Dalam Seminar Nasional Paedagoria, 2:292–302. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/10301.

Anwar, M. Syahrul, Riski Janu Saputra, dan Umi Machmudah. 2022. “Implementation of Sorogan Method Based Java Pegon in Learning of Kutub At-Turats.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 7 (2): 91–102.

Arini, Azizah Dewi. 2013. “Bentuk, Makna, Dan Fungsi Bahasa Tulis Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Dan Interaksi Pada Internet.” Skriptorium 2 (1). http://journal.unair.ac.id/downloadfull/SKRIPTORIUM7816-a255583dc0fullabstract.pdf.

Azhar, Muhammad Zul. 2021. “Pesantren dan Penjagaan Literasi keilmuan.” Jurnal Mahasantri 1 (2): 156–75.

Chairi, Effendi. 2019. “Pengembangan Metode Bandongan Dalam Kajian Kitab Kuning Di Pesantren Attarbiyah Guluk-Guluk Dalam Perspektif Muhammad Abid al-Jabiri.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4 (1): 70–89.

Devianty, Rina. 2017. “Bahasa sebagai cermin kebudayaan.” Jurnal tarbiyah 24 (2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/167.

Fauzani, Diki Alfian. 2023. Aktivitas di PP Putra Al Anwar 3 Sarang.

Hadani, Abdullah. 2023. Sorogan Di PP Al Anwar 3 Putra.

Haq, Siti Restu Nur Fadlillah, Rochmat Sudrajat, dan Dida Firmansyah. 2020. “Kajian Sosiolinguistik Terhadap Ujaran Bahasa Mahasiswa.” Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3 (4): 797–804.

Hidayah, Ridho, dan Hasyim Asy’ari. 2022. “Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Metode Sorogan pada Santri Pondok Pesantren Walisongo.” Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (1): 59–68. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.7.

“Kegiatan Pondok Pesantren Al Anwar 3 Putra Sarang Rembang.” 2023. PP Al Anwar 3 Sarang.

Majid, Irzan Al. 2023. Kegiatan di PP Al Anwar 3 Putra Sarang.

Nuryani, Siti Isnaniah, dan Ixsir Eliya. 2021. Sosiolinguisti dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Multikulturalisme: Teori dan Praktik Penelitian. Bogor: IN Media.

Sholichah, Isti Nafiatus. 2021. “Penggunaan Bahasa Dalam Pelayanan Perizinan Santri Di Kantor Keamanan Pondok Pesantren Putri Utara Darussalam Blokagung Banyuwangi: Kajian Sosiolinguistik.” Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1 (01): 170–85.

Sopha, Marwah, dan Imam Tabroni. 2022. “Improving Makhorijul Letters through the Sorogan Method.” Asian Journal of Community Services 1 (5): 301–10. https://doi.org/10.55927/ajcs.v1i5.1816.

Ulum, Bahrul. 2023. Profil Pondok Pesantren Al Anwar 3.

Wahidah, Yusri, dan M. Fatikhun. 2022. “Pembangunan Keahlian Public Speaking Melalui Kegitan Khitobah Di Pondok Pesantren Asaasunnajaah Kesugihan Cilacap.” Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Penyiaran Islam 6 (2): 108–22.

Wiratno, Tri, dan Riyadi Santosa. 2014. “Bahasa, fungsi bahasa, dan konteks sosial.” Modul Pengantar Linguistik Umum, 1–19.

Wulandari, Nita Putri, dan Andika Herma Putra. 2022. “Penggunaan Ragam Kata Sapaan di Pondok Pesantren Putri Walisongo Jombang: Kajian Sosiolinguistik.” Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 3 (4): 15–28.

Zaid, Abdul Hafidz. 2012. “Bahasa dan Struktur Sosial.” At-Ta’dib 7 (1). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/531.

Zaka, Robith Dinak. 2023. Profil Pondok Pesantren Al Anwar 3.

Published

2023-12-30

How to Cite

Anwar, Y. K., & Rosyid, M. (2023). KAJIAN SOSIOLINGUISTIK PENGGUNAAN BAHASA DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN PUTRA AL ANWAR 3 SARANG REMBANG. Lingue : Jurnal Bahasa, Budaya, Dan Sastra, 5(2), 103–118. https://doi.org/10.33477/lingue.v5i2.6258