PENGEMBANGAN MATERI ISTIMA’ TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA ONLINE PADA MAHASISWA PBA SEMESTER 1 IAIN AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/lingue.v5i2.6502Abstract
Menyimak adalah langkah awal dalam proses penerimaan informasi bahasa. Melalui mendengarkan, seseorang mulai mengenali suara-suara, kata-kata, dan kalimat dalam bahasa tertentu. maharah istima' (keterampilan menyimak) namun, kurang mendapatkan perhatian yang memadai dalam pembelajaran bahasa Arab, itu dapat menjadi hambatan dalam pengembangan kemampuan berbahasa secara menyeluruh. Maka dari itu hadirnya media online dalam mengembangkan Materi Istima’ Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media Online Pada Mahasiswa PBA Semester 1 IAIN Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif subjek penelitian dengan teknik pengumpulan data secara observasi terdapat 15 orang peserta didik sedangkan untuk subjek penelitan dengan teknik pengumpulan data secara wawancara terdapat 10 peserta, Teknik analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data dan Verifikasi. Ditemukan hadirnya media online dapat memberikan dukungan dalam pemahaman materi istima, fleksibilitas pembelajaran, efektivitas media online dalam pembelajaran dan daya tarik media online dalam memahami materi istima’ lebih komprehensif karna memberikan kemudahan dalam mengakses materi.
References
Abdul Hamid, Fuad. (1987). Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: DEPDIKBUD, DIKTI, P2LPTK.
Ahmad Fuad Effendy. (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang, Penerbit Misykat.
Ali Hasan ad-Dailamy dan Su’ad Abdul Karim al-Waily. (2003). at-Tharaiq al- ‘Ilmiyah fi Tadris al-Lughoh al-‘Arabiyah, Cet. Pertama.Oman, Dar asy-Syuruq
Bambang Warsito (2008)Teknologi Pembelajaran, landasan dan Aplikasinya. Jakarta, Rineka Cipta
Herman, Acep. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ibnu Mandhur, Lisan al-‘Araby, sami’a, Juz 8.
Ismail, Andang. (2006). Education Games –Menjadi Cerdas Dan Ceria dengan Permainan Educatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Mahcmud, Umi. (1999). Permainan Bahasa (Media Alternatif dalam Pengajaran Bahasa Arab). Laporan Penelitian STAIN Malang.
Muhammad Sholih asy-Syunthy, al-Maharat al-Lughowiyah, Dar al-Andalus li an-Nasyr wa at-Tauzi’
Oemar Hamalik.(2009).Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
If accepted for publication, the copyright of the article belongs to the author. Copyright includes the exclusive right to reproduce or transmit manuscripts in any form and media: reprint, produce photographs, microfilm, or translated versions of the manuscript. Increasing parts of this journal, storage and transmission of databases of any form or media, such as electronic copies, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media and so on are permitted without permission. LINGUE: Jurnal Bahasa, Budaya dan Sastra, allow readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link the fulltext of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. However, it can not be used for commercial purposes
Jika diterima untuk publikasi, hak cipta artikel adalah milik penulis. Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi atau mengirimkan manuskrip dalam bentuk dan media apa pun: mencetak ulang, menghasilkan foto, mikrofilm, atau versi terjemahan dari manuskrip tersebut. Memperbanyak bagian jurnal ini, penyimpanan dan transmisi database dalam bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, salinan elektrostatis dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetis, dan sebagainya diizinkan tanpa izin. LINGUE: Jurnal Bahasa,Budaya dan Sastra, memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca untuk menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya. Namun, tidak dapat digunakan untuk tujuan komersial
LINGUE : Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-TanpaTurunan 4.0 Internasional.