PENGEMBANGAN MATERI ISTIMA’ TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA ONLINE PADA MAHASISWA PBA SEMESTER 1 IAIN AMBON

Authors

  • Nirmala Nirmala Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Fitriah Fitriah Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Ahmad Rais.TM Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Hasfikin S IAIN Kendari

DOI:

https://doi.org/10.33477/lingue.v5i2.6502

Abstract

Menyimak adalah langkah awal dalam proses penerimaan informasi bahasa. Melalui mendengarkan, seseorang mulai mengenali suara-suara, kata-kata, dan kalimat dalam bahasa tertentu. maharah istima' (keterampilan menyimak) namun, kurang mendapatkan perhatian yang memadai dalam pembelajaran bahasa Arab, itu dapat menjadi hambatan dalam pengembangan kemampuan berbahasa secara menyeluruh. Maka dari itu hadirnya media online dalam mengembangkan  Materi Istima’ Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media  Online Pada Mahasiswa PBA Semester 1  IAIN Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif subjek penelitian dengan teknik pengumpulan data secara observasi terdapat 15 orang peserta didik sedangkan untuk subjek penelitan dengan teknik pengumpulan data secara wawancara terdapat 10 peserta, Teknik analisis data menggunakan  Reduksi data, Penyajian data dan Verifikasi. Ditemukan hadirnya media online dapat memberikan dukungan dalam pemahaman materi istima, fleksibilitas pembelajaran, efektivitas media online dalam pembelajaran dan  daya tarik media online dalam memahami materi istima’ lebih komprehensif karna memberikan kemudahan dalam mengakses materi.

References

Abdul Hamid, Fuad. (1987). Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: DEPDIKBUD, DIKTI, P2LPTK.

Ahmad Fuad Effendy. (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang, Penerbit Misykat.

Ali Hasan ad-Dailamy dan Su’ad Abdul Karim al-Waily. (2003). at-Tharaiq al- ‘Ilmiyah fi Tadris al-Lughoh al-‘Arabiyah, Cet. Pertama.Oman, Dar asy-Syuruq

Bambang Warsito (2008)Teknologi Pembelajaran, landasan dan Aplikasinya. Jakarta, Rineka Cipta

Herman, Acep. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ibnu Mandhur, Lisan al-‘Araby, sami’a, Juz 8.

Ismail, Andang. (2006). Education Games –Menjadi Cerdas Dan Ceria dengan Permainan Educatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Mahcmud, Umi. (1999). Permainan Bahasa (Media Alternatif dalam Pengajaran Bahasa Arab). Laporan Penelitian STAIN Malang.

Muhammad Sholih asy-Syunthy, al-Maharat al-Lughowiyah, Dar al-Andalus li an-Nasyr wa at-Tauzi’

Oemar Hamalik.(2009).Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Nirmala, N., Fitriah, F., Rais.TM, A., & S, H. (2023). PENGEMBANGAN MATERI ISTIMA’ TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA ONLINE PADA MAHASISWA PBA SEMESTER 1 IAIN AMBON. Lingue : Jurnal Bahasa, Budaya, Dan Sastra, 5(2), 119–130. https://doi.org/10.33477/lingue.v5i2.6502