HUBUNGAN STRATEGI THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP AL HIJRAH AMBON

Authors

  • Helmiati Helmiati Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon
  • Patma Sopamena
  • Irvan Lasaiba

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v1i1.294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan strategi Think Pair Share terhadap kemampuan metakognisi peserta didik pada materi SPLDV pada peserta didik kelas VIII SMP Al Hijrah Ambon serta besarnya hubungan strategi TPS terhadap kemampuan metakognisi peserta didik pada materi SPLDV pada peserta didik kelas VIII SMP Al Hijrah Ambon. Dilaksanakan pada Tanggal 26 Januari sampai dengan 27 Februari 2012 dengan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII2 yang berjumlah 31 orang, tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada hubungan signifikan antara strategi TPS terhadap kemampuan metakognisi peserta didik pada materi SPLDV pada peserta didik kelas VIII SMP Al Hijrah Ambon. Dalam hal ini yang ditandai dengan sumbangan nilai (p=0,019) atau P hit < 0,05. Besarnya hubungan strategi TPS terhadap kemampuan metakognisi peserta didik pada materi SPLDV pada peserta didik kelas VIII SMP Al Hijrah Ambon yaitu sebesar 41,9% dan 58,1% di pengaruhi oleh faktor/kondisi lain. Kata Kunci: Strategi Think Pair Share, Kemampuan Metakognisi Peserta Didik, SPLDV.

References

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Anas Sudjiono. 1999. Pengantar Statistik pendidikan cet IX. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Arikunto. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Matematika.Jakarta:Bumi Aksara.

Choesni, Novita I, dkk. 2008. ILPEN. Ambon: Asosiasi Peningkatan Mutu Kependidikan Maluku.

Djamarah Saiful Bahri dan Zain, A. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

F.N. Kerlinger. 1996. Asas-Asas Penelitian Bihavional Terjemahan Landung r. Simatupang. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Firmansyah Darma. 2005. Matematika Untuk SMP Dan MTs Kelas VIII Dengan Orientasi Pemecahan Masalah.Bandumg:PT. Panca Karya Nusa.

Hudoyo H. 1997. Pengembangan kurikulum Matematika Dan Pelaksanaannya Didepan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional. Http://respository.upi.edu/operator/upload/s-dois-0603173-chapter I.pdf Http:/matematika-ipa.com/teori-belajar-dan-pembelajaran-teori-teori-klasik-teoriteori-belajar-proses-teori-teori-kognitif/

Jonathan sarwono. 2006. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: graha ilmu.

Kurniawan. 2007. Fokus Matematika siap ujian Nasional untuk SMP/MTs Erlangga: PT. Gelora Aksara Pratama.

Nana Sudjana, 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruseffendi. 1998. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan kompetensinya Dalam Mengajarkan Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. 1999. Kiat Pendidikan Di Indonesia. Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direkorat Jendral PendidikanTinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana. 2006. Metode statistik. Bandung: Pt. Transito.

Sugiono. 2006. Statistik untuk penelitian. Bandung: alfabeta.

Trianto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas.Prestasi Belajar. Jakarta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Downloads

Published

2013-06-27