INOVASI REALISTIC MATHEMATIC DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SEBAGAI BEKAL BAGI MAHASISWA MATEMATIKA IAIN AMBON UNTUK KAJIAN MATEMATIKA SMP

Authors

  • Ajeng Gelora Mastuti IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v1i2.300

Abstract

Kecenderungan pembelajaran matematika saat ini adalah pembelajaran yang memusatkan pada keterlibatan siswa secara aktif. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan di sekolah khususnya di SMP masih berjalan secara konvensional. Selain itu, salah satu keluhan yang banyak terdengar dalam dunia pendidikan matematika adalah kurangnya keterkaitan antara pembelajaran matematika di sekolah dengan dunia nyata dan kehidupan sehari-hari siswa. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic dirancang berawal dari pemecahan masalah yang ada di sekitar siswa dan berbasis pada pengetahuan yang telah dimiliki siswa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa. Benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang berasal dari lingkungan kehidupan siswa tersebut dapat digunakan sebagai bahan untuk mengawali pembahasan topik-topik matematika tertentu. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat karena peneliti ingin mengembangkan suatu perangkat pembelajaran pada topik pecahan yang berorientasi pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic. Penelitian pengembangan yang dimaksud adalah penelitian yang menghasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi RP, buku siswa yang memuat LKS. Model pengembangan perangkat yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan four D Models (model 4-D) yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate), sebagaimana dikemukakan oleh Thiagarajan. Berdasarkan hasil uji coba perangkat diperoleh perangkat pembelajaran berdasarkan masalah yang baik, karena memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan, yaitu: (1) Kemampuan guru/ dosen dalam mengelola pembelajaran: efektif; (2) Tes hasil belajar baik. Kata Kunci: Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction), Perangkat pembelajaran, Keefektifan Pembelajaran, Hasil Belajar.

Author Biography

Ajeng Gelora Mastuti, IAIN Ambon

matematika

References

Bartle, R.G, and Sherbert, 2000. Introduction to Real Analysis, 3rd ed.,Newyork: John Wiley and Sons, Inc.

Fauzi, KMS, 2002. Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Pembagian di SD. Tesis. PPs Universitas Negeri Surabaya.

Ijudin, Romal. 2005. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Pokok Bahasan Persamaan Linear dengan Dua Peubah di Kelas II SLTP. Tesis. PPs Unesa Surabaya.

Junaidi, Dedi, 2002. Kamus Matematika, Bandung: Pustaka Setia.

Negoro, B. Harahap,2003. Ensiklopedia Matematika.Jakarta: Erlangga.

Pandoyo, 2003. Strategi Belajar Mengajar. Semarang: IKIP Semarang Press.

Ruseffendi, E. T, 1979. Materi Pokok Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D. II dan Pendidikan Kependudukan.

Soedjadi, 1992. Miskonsepsi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan Sains dan Matematika. IKIP Surabaya.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Indonesia (Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Jakarta. Dirjend Dikti Depdiknas.

Suwarsono, St , 2001. Beberapa Permasalahan yang Terkait dengan Upaya Implementasi Pendekatan Matematika Realistik di Indonesia. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional tentang Pendekatan Matematika Realistik Universitas Sanata Dharma tanggal 14-15 Nopember 2001.

Thiagarajan, S., Semmel D. S.,& Semmel M. I. 1974. Intructional Development For Traning Teachers Of Execeptional Children. A source Book Bloomington: Center for Innovation on Teaching the Handicapped.

TIM MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Yuwono, I. 2001. Pembelajaran Matematika secara Membumi. Malang: FMIPA Depdiknas Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2013-12-27