PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM YANG BERORIENTASI PADA TEORI VAN HIELE PESERTA DIDIK KELAS VII SMP AL HIJRAH AMBON

Authors

  • Asni Kaimudin IAIN Ambon
  • Patma Sopamena Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon
  • Janaba Renngiwur

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v1i2.302

Abstract

Perbedaan karakteristik peserta didik yang sering di abaikan oleh guru dalam proses pembelajaran dengan kondisi belajar yang demikian, patut dijadikan pijakan dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi pembelajaran. Salah satu cara yang cukup relevan untuk memecahkan masalah tersebut adalah penerapan pembelajaran individual, yang memberi kepercayaan pada kemampuan individu untuk belajar mandiri. Salah satu model pembelajaran individu yang kini semakin berkembang penggunaanya adalah sistem pembelajaran dengan menggunakan modul. selain itu, untuk mata pelajaran matematika berdasarkan pada penelitian hasil pembelajaran yang diperoleh peserta didik untuk materi geometri masih rendah. Peserta didik mengalami kesulitan memahami konsep geometri, salah satunya konsep jajargenjang dan trapesium. Untuk memenuhi maksud ini penulis mengembangkan modul yang berorientasi pada teori Van Hiele untuk peserta didik SMP, dengan kegiatan pembelajaran yang melibatkan lima fase (langkah) yakni : (1) fase informasi (2) fase orientasi langsung (3) fase penjelasan (4) fase orientasi bebas dan (5) fase integrasi. Modul yang dihasilkan telah melalui tahapan validasi sebelum diuji cobakan ke peserta didik, meliputi dua dosen IAIN Ambon yang menilai materi dan desain dari modul dan satu guru matematika SMP yang menilai kesesuaian modul dengan kurikulum. Setelah mendapat masukkan dari para validator, maka modul diperbaiki dan di anggap layak untuk diuji cobakan ke peserta didik dengan dua kali uji coba. Uji coba pertama dilakukan untuk kelompok peserta didik terbatas sebanyak lima orang, dengan tujuan untuk mengetahui manfaat dan efektifitas penggunaan modul dalam pembelajaran. Dan uji coba kedua dilakukan untuk peserta didik dalam satu kelas dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan peserta dan efisiensi waktu belajar pada saat menggunakan modul. Kata Kunci : Modul, Teori Van Hiele, Jajargenjang, Trapesium.

References

Cholik Adinawan. 2005. Matematika untuk SMP/MTS VII. Jakarta: Erlangga.

E. Mulyasa. 2009. Kurikulum yang disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Http://Kris21.blogspot.com/2007/12/Pembelajaran_Matematika_berdasar_Teori. html. sabtu 20 agustus 2011. Http://www.scribd.com/doc/26566848/ Konsep-Dasar-dan-Pengertian-BahanAjar Sekolah. Sabtu 11 Pebruari 2012

Http://muhfida.com/Pelaksanaan_Pendekatan_Problem_Posing_dalam_Pembelaj aran. Minggu 18 September 2011.. Http://idrismatematika.blogspot.com/2011/01/Pendekatan-Pemecahan Masalah.html. Minggu 18 September 2011.

Http://10h06b198gt. Wordrpress.com/2010/01/07/ Penggunaan_Pendekatan _Pemecahan _Masalah_dalam_ Pembelajaran_Konsep_Soal__Cerita dikelas_V_sd/ minggu 18 September 2011.

Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Mohammad Ali, dkk. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung : IMTIMA.

Nurhadi, dkk., 2009. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Nurlaila Wattiheluw. 2011. Developing English I Coursebook for Biology Students of IAIN Ambon.

Rayandra Asyhar. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sahartian. 2009. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. St. Vembriarto. 1985. Pengantar Pengajaran Modul. Yokyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.

Tatang Syarifudin dan Nur’aini. 2006. Landasan Pendidikan. Bandung : UPI PRESS.

Tim Penyusun. 2005. KBBI. Jakarta: Balai Pustaka.

Wilson Simangunsong. 2006. Matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Downloads