Penerapan Laboratorium Mini dengan Pendekatan Realistic Mathematic pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Peserta Didik Kelas VII MTs. Negeri Batu Merah Ambon

Authors

  • Ahmad Salatalohy Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon
  • Ajeng Gelora Mastuti IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v5i1.400

Abstract

Laboratorium mini dengan pendekatan Realistic Mathematic merupakan serangkaian kegiatan praktikum yang memerlukan alat peraga sederhana, dapat dilaksanakan di dalam kelas, dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir dan dapat membuat peserta didik untuk membangun pengetahuannya sendiri. Oleh karenanya, penerapan laboratorium mini dianggap efektif dalam mendukung keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan laboratorium mini dengan pendekatan Realistic Mathematic pada pokok bahasan bilangan pecahan peserta didik kelas VII MTs. Negeri Batu Merah Ambon. Populasi penelitian ini sebanyak 311 orang peserta didik kelas VII MTs. Negeri Batu Merah Ambon. Sedangkan, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 orang yang terdiri dari dua kelas yang berbeda, yakni kelas VII2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 38 orang peserta didik, dan kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sampel 33 orang peserta didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan laboratorium mini sangat efektif, karena 3 dari 4 aspek indikator keefektifan dapat tercapai. Secara klasikal hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan laboratorium mini lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Selain itu, respons peserta didik terhadap proses pembelajaran menggunakan penerapan laboratorium mini dengan pendekatan Realistic Mathematic juga mendapatkan respons yang sangat positif dari, hal ini ditunjukkan dengan jumlah persentase yang mencapai rata-rata 81,81%. Sehingga sangat efektif dan berhasil penerapan laboratorium mini dengan pendekatan Realistic Mathematic pada pokok bahasan bilangan pecahan peserta didik kelas VII MTs. Negeri Batu Merah Ambon. Kata Kunci: Laboratorium Mini, Realistic Mathematics, dan Bilangan Pecahan.

References

Erman, Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI

Gravemeijer. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD. β press/ freudenthal institut.

J, De Lange. 1987. Mathematics Inside And Meaning. Utrecht: O.W. & O. C.

Karim. 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kubus Dan Balok Kelas 1 SMP, Model Pembelajaran Tipe STAD Dengan Lab. Mini (Surabaya: Tesis tps unesa Surabaya

Russeffendi. 1992. Materi Pokok Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Pendidikan Tinggi. Depdikbud. Jakarta.

Saragi, S. 2000. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Menggunakan Laboratorium Mini Untuk Meningkatkan Kemampuan Keruangan (Tesis PPs Unesa Press

Streefland, Realistic Mathematic Education Impremary School (Utrecht: CD-β Press, Freudenthal Institute, 1991).

Treffers. Didactic Background Of Mathematics Program Of Primary Education (In. L. Streefland. E. D. RME)

Wijaya, Ariyadi. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika (Yogyakarta: Graham Ilmu, 2012)

Published

2017-04-02