The Development Of Learning Module Trigonometry Equation Material Integrated Islamic Values To Improve Students learning Outcome
DOI:
https://doi.org/10.33477/mp.v7i2.1158Keywords:
development, Plomp model, mathematics module, authentic assessment, mathematics learning achievementAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam dengan penilaian otentik untuk siswa kelas sebelas MA Hasyim Asy'ari Bangsri, Sukodono, Sidoarjo, yang layak dan unggul untuk meningkatkan prestasi siswa dalam matematika. Penelitian ini menerapkan Model pengembangan Plomp. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan divalidasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Modul Matematika Nilai Islam dilampirkan dengan penilaian otentik dalam proses belajar mengajar. 2) Hasil penilaian ahli terhadap bahan ajar menunjukkan bahwa pengembangan modul matematika nilai-nilai islami dengan penilaian otentik memenuhi syarat baik. 3) Validator media memberikan respons yang baik. 4) Persentase keseluruhan tanggapan siswa pada tes kelompok kecil adalah 88% yang dapat dianggap memiliki kualifikasi yang baik. 5) Tanggapan guru pada tes lapangan menunjukkan bahwa guru merespons dengan baik. 6) Pengembangan modul matematika realistis ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas sebelas di MA Hasyim Asy'ari Bangsri, Sukodono, Sidoarjo. Kata kunci: pengembangan, model Plomp, modul matematika, penilaian otentik, prestasi belajar matematika Abstract This research is aimed at producing an Islamic values mathematical module with authentic assessment for the eleventh-grade students of MA Hasyim Asy’ari Bangsri, Sukodono, Sidoarjo, which is feasible and superior to improve students’ achievement in mathematics. This research implemented Plomp’s Model of development. Collecting data methods in this research is by using questionnaires and tests. The data analyzed quantitative and validation. The results of this research are: 1) Islamic Values Mathematics Module attached with authentic assessment in the teaching and learning process. 2) The result of the expert judgment on teaching material shows that the development of Islamic values mathematical module with authentic assessment is qualified as good. 3) The expert on media gives good respond. 4) The overall percentage of the students’ response to a small group test is 88% that can be considered as having good qualifications. 5) The teacher’s response to the field test shows that teachers responded well. 6) The development of this realistic mathematics module is effective to improve the learning result of the eleventh-grade students in MA Hasyim Asy’ari Bangsri, Sukodono, Sidoarjo.References
Depdiknas. (2001). Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. (Citation from book)
Finch, R. C, & Crunkilton R. J. (2006). Curriculum development in vocational and technical education. Virginia, VA: Polytechnic Institute and State University. (Citation from book)
Lailiyah, Siti and Hariyanti, Ayuk (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah Matematika dengan strategi Draw a Picture. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Tahun 2017, 6 Desember 2017, Bandung - Indonesia. (Citation from proceeding)
Lasmiyata, Idris Harta. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan pemahaman Konsep dan Minat SMP, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 9 (hlm.163. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung: Alfabeta, 2009), hal.173. (Citation from book)
Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakata: Bumiaksara. (Citation from book)
Nidlomuddin, A N. (2012). Penerapan Pendekatan Brain Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMAN 1 Cerme Gresik. Disertasi tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. (Citation from book)
Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY. (Citation from book)
Suryobroto, B. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah. Wawasan baru, beberapa komponen layanan khusus. Jakarta: Rineka Cipta. (Citation from book)
Wayan, S., Nyoman N., Made C. (2018). Pengembangan Modul Matematika Realistik Disertai Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. (Citation from Journal)