CHARACTERISTICS REPRESENTATION OF EQUATION MATHEMATICS PROBLEMS SOLVING IN STUDENTS

Authors

  • Syukma Netti Universitas Bung Hatta
  • Ajeng Gelora Mastuti

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v9i1.1866

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik representatif persamaan pada siswa kelas VII dalam menyelesaikan masalah matematika. Subjek penelitian adalah 4 orang siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda penelitian kualitatif. Data kemampuan representatif matematis siswa diperoleh dengan meminta siswa mengerjakan satu buah soal matematika. Hasil kerja siswa dianalisis dengan memperhatikan teorema dan algoritma yang dituliskan siswa dan dengan dukungan data hasil wawancara. Wawancara dilakukan mengonfirmasi hasil kerja siswa. Kesimpulan dari penelitian ini tidak ada representasi persamaan siswa yang benar dan terdapat dua bentuk karakteristik representasi persamaan siswa, yaitu benar dan tidak sesuai dan tidak benar tidak sesuai. Kata kunci: Representasi matematis, masalah matematika, Bilangan bulat

References

Bartle, R. G & Sherbert, D. R., 2011. Introduction To Real Analysis edisi keempat. John Wiley & Sons, Inc. United States

Creswell, J. W. (2010). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Goldin, G. (1998). Representation System, Learning, and Problem Solving in Mathematics. Journal Math Behav, Representation and the Psychology of Mathematics Educatio: Part II , 137-165.

Hudiono. (2005). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Perkembangan Kemampuan Matematik Dan Daya Representasi Pada Siswa SLTP, disertasi. tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia

Harel, G., 2008. What is Mathematics? A Pedagogical Answer to a Philosophical Question. In Gold, B. & Simons, R. (Eds) A. Proof and Oher Dilemmas Mathematics and Philosophy. pp 265-290. Mathematical Association of America. DOI: https://doi.org/10.5948/UPO9781614445050.018

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mudzakkir, H. (2006). Strategi Pembelajaran TTW Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa; Sekolah Menengah Pertama (eksperimen pada siswa kelas II SMP di Kab. Garut). Tidak Diterbitkan. Tesis SPs UPI

NCTM. (2000). Priciples and Standards or School Mathematics. USA: NCTM

Netti, S. & Juhaevah, F. 2019. Definition Constructed Process in Mathematics Learning. Matematika dan Pembelajaran, Volume 7 No.1 Hal 81-90

Putri. V.W & Hakim L.D. 2019. Representasi Siswa SMP pada Konsep Persamaan Garis Lurus. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomedika. hal 1993-1202 .

Villegas, J. L., Castro, E., & Gutierrez, J. (2009). Representations in problem solving: a case study with optimization problems. Electronic Journal of Research in Educational Psychology. ISSN 1696-2095. No 17, Vol 7 , 287.

Downloads

Published

2021-08-08