Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SDN I Menganti Gresik

Authors

  • Hery Setiyawan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v5i2.232

Abstract

Penelitian ini menggunakan model Number Head Together(NHT), Number Head Together merupakan model pembelajaran yang berhubungan serta menggunakan penomoran atau angka sebagai pembelajarannya. Penelitian dilakukan berdasarkan hasil observasi yaitu belum bisa mengaplikasikan konsep materi pelajaran dalam suatu penelitian atau pengujian terhadap suatu permasalahan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Number Head Together (NHT) dan mengetahui adakah pengaruh model Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN I Menganti Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan eksperimen semu. Dan dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design. Desain penelitian ini menggunakan 3 langkah dalam pelaksanaannya yaitu, pretest, memberi perlakuan, dan posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes soal (pilihan ganda). Teknik pengumpulan data berupa tes pretest dan tes posttest. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN I Menganti Gresik. Dan Sampel adalah kelas IIC sebagai kelas eksperimen dan kelas IID sebagai kelas kontrol. Model Number Head Together(NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, terbukti dengan hasil uji beda diperoleh hasil thitung (4,512) > ttabel (2,000) dan hasil Sig (2-tailed) 0,000 < 0.05. Dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti dari hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) memiliki rata-rata skor sebesar 77,67, sedangkan kelas kontrol hanya memiliki rata-rata sebesar 67,67. Hal itu membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara model Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN I Menganti Gresik. Kata Kunci: Number Head Together, Hasil Belajar, Matematika

Author Biography

Hery Setiyawan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

matematika

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara

. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta : PT.Asdi Mahasatya

Ibrahim, et all. 2000. Pembelajaran kooperatif. Surabaya : University Press.

Isjoni. 2011. Cooperative learning. Bandung : Alfabeta

Nursalim, Mochammad. 2007. Psikologi pendidikan. Surabaya : Unesa University Press

Pramesti, Getut. 2014. Kupas tuntas data penelitian dengan SPSS 20. Jakarta : Elex Media Kumputindo.

Runtukahu, Tombokan. 2014. Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Rusman. 2010. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

.2012.Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

.2012.Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative learning teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Trianto. 2007. Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Persada Media Group.

Downloads

Published

2017-12-31