Adversity Quotient Mahasiswa Pemrogram Skripsi (Adversity Quotient of Student Programming Thesis)
DOI:
https://doi.org/10.33477/mp.v5i2.235Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskribsikan adversity quotient mahasiswa pemrogram skripsi. Adversity Quotient merupakan intelejensi khusus yang berkaitan dengan kemampuan mahasiswa dalam menghadapi kesulitan yang dihadapi. Kesulitan mahasiswa yang berhubungan dengan kuliah dapat berupa menyelesaikan tugas yang diberikan dosen, mengerjakan ujian, termasuk menyelesaikan skripsi. Skripsi adalah termasuk salah satu mata kuliah wajib, sehingga setiap mahasiswa harus memprogram dan menyelesaikannya. Sehingga dibutuhkan keuletan untuk dapat menyelesaikan skripsi. Ketahanan ini diperlukan mahasiswa utuk menghadapi kesulitan dan tantangan dalam pelaksaanaan penulisan skripsi. Mahasiswa diberi anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa berupa tingkat ketahanan yang berbeda. Tingkat ketahanan dalam menghadapi kesulitan dapat diukur dengan Adversity Response Profile (ARP). Skor AQ dapat digunakan sebagai acuan bagaimana seorang mahasiswa merespon kesulitan yang dihadapi. Mahasiswa dapat dikelompokkan ke dalam kategori quitter, camper, dan climber. Berdasarkan hasil ARP diperoleh bahwa sebagian besar mahasiswa menempati kategori peralihan camper. Kata Kunci: adversity quotient, skripsi The research aimed to describe adversity quotient of student programing thesis Adversity Quotient is a special inteligency that is related to student's ability in order to face problem. The problem could be an assigment that is given by lecturer, an examination, and also a thesis. Thesis is one of main subject that has to be programmed by the student. In order to finish the thesis, the student need to be endure. Each student has been given by God with different endurance. The level of endurance in facing the problem can be measured using Adversity Response Profile (ARP). AQ's score can be used as a reference in how student respons the problem. Based on this AQ's score, the student can be classified into three groups i.e. quitter, camper, and climber. The result of ARP shows that the majority of students are in the transition to camper. Keyword: adversity quotient, thesis.References
Broto, Henricus Dimas Frandi Cahyo. 2016. Stress Mahasiswa Penulis Skripsi. Skripsi. Universitas Sanata Darma: Yogyakarta https://repository.usd.ac.id /6189/2/091114024_full.pdf diakses tanggal 28 Maret 2017.
Kompas. 2012. Ini Alasan Mahasiswa Wajib Publikasi Makalah.
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/03/15160740/Ini.Alasan.Mahasiswa.Wajib.Publikasi.Makalah.
Salam. 2012. Teknik Menyusun Skripsi yang Bebas Plagiat Bimtek Penulisan Karya Ilmiah. https://www.google.co.id/?gws_rd=ssl#
q=menulis+bebas+plagiat&* . diakses tanggal 30 Maret 2017
Stoltz, G. 2000. Turning Obstacles Into Opportunities. United States: John Wiley & Sons, Inc.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartono. 2016. Adversity Quotien Sebagai Acuan Guru dalam Memberikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Nasional. Inovasi: FBS Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.