ABILITY TO COMPOSE NUMERATION LITERACY QUESTIONS BASED ON ACMI'S SKILLS THROUGH BLENDED LEARNING

Authors

  • Nurlaila Sehuwaky Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Ajeng Gelora Mastuti

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v9i2.2467

Abstract

Kompetensi literasi numerasi peserta didik berdasarkan standar AKMI dikategorikan dalam lima level kemahiran. Hasil AKMI menjadi dasar perbaikan desain pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam menyusun soal literasi numerasi berdasarkan level kemahiran AKMI melalui metode blended learning. Subjek penelitian adalah guru madrasah ibtidaiyah (MI) se-Jawa Timur yang berjumlah 63 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupa rubrik penilaian kemampuan menyusun soal, lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis hasil soal yang disusun oleh guru, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal-soal literasi numerasi berdasarkan level kemahiran AKMI, yang ditunjukkan dengan rata-rata capaian kemampuan guru di siklus I pada minimal level cakap sebesar 54%, dan pada siklus I telah meningkat menjadi 96,8%. Penerapan Blended Learning juga mengalami peningkatan, yakni sebesar 70% pada Siklus I dan mencapai 93% pada siklus II

References

Adams Becker, S., Cummins, M., Davis, A., Freeman, A., Hall Giesinger, C., & Ananthanarayanan, V. (2017). NMC horizon report: 2017 Higher Education Edition. Austin: The New Media Consortium.

Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, & Mailani, E. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) Di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6 (Juli-Desember 2018).

Direktorat Pembinaan SMA. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

EDUCAUSE. (2019). 2019 key issues in teaching & learning. Retrieved from https://www.EDUCAUSE.edu/eli/initiatives/key-issues-in-teaching-and-learning

Tim BTL AKMI 2021. Modul LMS Bimtek Tindak Lanjut AKMI 2021. Jakarta: Kemenag RI

Tim GLN. (2017b). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbudristek. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2%20Modul%20Literasi%20Numerasi.pdf

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D – MPKK. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-31