PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs AL-MUHAJIRIN WAIHERU AMBON DALAM MENGERJAKAN SOAL PERKALIAN BILANGAN BULAT

Authors

  • Nur Fadila Wagola

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v1i1.298

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju sangat berpengaruh terhadap pendidikan. Banyak pandangan yang memberikan arah baru terhadap proses dan dimensi-dimensi pendidikan yang semakin mendorong terjadinya perubahan konsep dan cara pandang terhadap eksitensi pembelajaran sehingga dapat dijadikan sebagai kerangka berpikir dalam memahami persoalan pembelajaran. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses berpikir Peserta didik kelas VII MTs Al-Muhajirin Waiheru Ambon dalam mengerjakan soal pada pokok bahasan perkalian bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir Peserta didik kelas VII MTs AlMuhajirin Waiheru Ambon dalam mengerjakan soal perkalian bilangan bulat. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari 1 orang Peserta didik berkemampuan tinggi (S1), 1 orang Peserta didik berkemampuan sedang (S2) dan 1 Peserta didik berkemampuan rendah (S3). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tahap-tahap berdasarkan pendapat Milles dan Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses berpikir Peserta didik MTs Almuhajirin waiheru ambon dalam mengerjakan soal perkalian bilangan bulat memiliki stuktur berpikir yang sangat lengkap yaitu pada S1, hampir lengkap yaitu pada S2 dan tidak lengkap yaitu pada S3. Kata Kunci : Proses Berpikir, Mengerjakan Soal, Perkalian Bilangan Bulat.

References

Alwi, H dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002

Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran, cet.II. Bandung: CV. Alfabeta, 2009 Http://technology13.education.com/2009/07/04/proses-belajar-dan-hakekatmatematika/

Http://ilmuwanmuda.wordpress.com/19/05/2011piaget-dan-teorinya/

Hudojo, H. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaanya di depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional, 1979

Miles, M.B dan Huberman, A.M. Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992

Moleong, L.J. Metodologi Penelitian Kualitatif, bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2006

Nuharini, D, dkk. Matematika Konsep dan aplikasinya 1, Untuk kelas VII SMP dan MTs, Jakarta, CV. Putra Nugraha. 2008

Purwanto, N. Psikologi pendidikan, cet.V. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007

Sagala, S. Konsep dan makna pembelajaran, cet VII. Bandung: CV. Alfabeta, 2009

Sopamena, P. Proses Berpikir Mahasiswa didik dalam Mengkontruksi Bukti Keterbagian. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 2009

Sriyanto, HJ. Strategi sukses menguasai matematika, Yogyakarta: PT Indonesia Cerdas, 2007

Sudarman. Proses Berpikir Peserta didik SMP Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) dalam menyelesaikan Masalah Matematika. Disertasi. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 2010

Sugiyono, Metode Penenlitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta. 2010

Downloads

Published

2013-06-27