TINJAUAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM MENGOPERASIKAN BILANGAN PADA PENYELESAIAN SOAL-SOAL PERKALIAN BILANGAN BULAT BENTUK ALJABAR PADA KELAS VII SMP AL-HIJRAH AMBON

Authors

  • Wa Ode Sartini
  • Sarfa Wassahua Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon
  • Ainun Diana Lating

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v1i2.301

Abstract

Salah satu hal yang mendorong manusia untuk belajar adalah adanya sifat kreatif dalam dirinya dan keinginan untuk maju. Ia tidak pernah merasa takut pada kesalahan dan kegagalan akan mendorongnya pada pencapaian prestasi yang memuaskan. Orang yang kreatif mempunyai kamampuan untuk melahirkan banyak alternatif, ide, solusi, kecepatan dan kemudahan dalam melahirkan sebuah karya. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Al-Hijrah Ambon dalam mengoperasikan bilangan pada penyelesaian soal-soal perkalian bilangan bulat bentuk aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP AlHijrah Ambon dalam mengoperasikan bilangan pada penyelesaian soal-soal perkalian bilangan bulat bentuk aljabar. Dengan subjek penelitian 1 orang, sedangkan sumber data, antara lain orang tua subjek, guru matematika SMP AlHijrah Ambon dan teman dekat subjek. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan tahap-tahap berdasarkan pendapat Milles dan huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif dalam mengoperasikan bilangan pada penyelesaian soal-soal perkalian bilangan bulat bentuk aljabar, serta dapat dijadikan sebagai subjek penelitian dalam penelitian ini ialah siswa putri yang bernama SN (bukan nama sebenarnya). SN mempunyai tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Dalam menyelesaikan soal latihan, SN menyelesaikan soal dengan cara yang berbeda dari apa yang telah diajarkan oleh peneliti. SN juga merupakan siswa yang aktif di dalam kelas serta mempunyai kecepatan dalam menyerap materi yang diajarkan, serta selalu berusaha untuk mengarahkan siswa yang lain yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Oleh karena itu, kesimpulan dalam penelitian ini adalah SN, memiliki kecakapan, fleksibilitas, orignalitas, serta kecakapan memberikan nilai tambah. Sehingga dapat dikatakan bahwa SN mempunyai kemampuan berpikir yang kreatif dalam mengoperasikan bilangan pada penyelesaian soal-soal perkalian bilangan bulat bentuk aljabar. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kretif, Bilangan Bulat Bentuk Aljabar.

References

Al-hajjaj, Yusuf Abu. 2010. 30 Kiat Meledakkan Kreativitas Anda; Kreatif Atau Mati. Surakarta: Al-Jadid.

Arikunto, S. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Awalia, Kurnia. 2009. Pengembangan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pokok Bahasan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Depdiknas. 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar, Garis Besar Program Pengajaran Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2001. Kurikulum Matematika Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama; Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Hassoubah, Zaleha Ishab. 2008. Mengasah Pikiran Kreatif Dan Kritis. Bandung: Nuansa.

Hudoyo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika Dan Pelaksanaannya Di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Mahulette, Nurfia. 2007. Studi Tentang Kemampuan Siswa Mengoperasikan Bilangan Bulat. Ambon: Institut Agama Islam Negeri Ambon.

Miles. M. B. dan Huberman. A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif ;Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia (UI – Press).

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuharini, Dewi. 2008. Matematika Konsep Dan Aplikasinya 1. Jakarta: Pusat Perbukuan; Departemen Pendidikan Nasional.

Purwanto, Eko. 2005. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Persamaaan Garis Lurus Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IIC SMP Negeri 22 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ressefendi. 1997. Dasar-Dasar Matematika Modern Dan Komputer Untuk Guru. Bandung: Tarsito, 1997.

Suherman, Erman. 1993. Strategi Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2013-12-27