ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI KARANG JAYA KECAMATAN NAMLEA KABUPATEN BURU

Authors

  • Sarfa Wassahua Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v4i1.310

Abstract

Gaya belajar merupakan cara belajar dari bagaimana siswa menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi yang di dapat dari proses pembelajaran. Terdapat tiga tipe gaya belajar yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu visual (cenderung belajar melalui apa yang mereka lihat), auditorial (belajar melalui apa yang mereka dengar) dan kinestetik (belajar melalui gerak dan sentuhan). Hasil belajar matematika adalah sebuah tolak ukur, penilaian yang menentukan keberhasilan siswa dalam proses belajarnya terkhusus bidang matematika. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi himpuna siswa kelas VII SMP Negeri Karang Jaya. Berdasarkan hasil penelitian dari ketiga gaya belajar ternyata gaya belajar yang paling menonjol yaitu gaya belajar visual memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan gaya belajar auditori dan kinestetik. Kata Kunci : Gaya Belajar, Hasil Belajar Matematika

References

Arief S. Sadiman. Dkk. 2012. Media Pendidkan, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Aunurrahman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: CV. Alfabeta.

Abdul Majid. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Bobbi DePorter, Dkk. 2007. Quantum Teaching :Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas, Bandung : Kaifa. Dirman, dan

Dra.cicih Juarsih. 2014. Karakteristik Peserta Didik, Jakarta: PT Rineka.

E.P. Hutabarat. 1995. Cara belajar, Jakarta: PT. Gunung Mulia.

Heruman. 2007. Model pembelajaran matematika di sekolah dasar, Bandung:PT.Remaja Rosdakarya. H

amzah B. Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam psikologi pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Heri Gunawan. 2012. Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Alfabeta. http://minartirahayu.blogspot.com/2013/03/pengertian-gaya-belajar-berbagaimacam.html, diakses 28 desember 2015 http://www.duniapelajar.com/2014/07/22/pengertian-hasil-belajar-matematika di akses 18 maret 2016

Muhibbin Syah. 2000. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

... 2007. Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nana Sudjana. 1996. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nasution. 2008 .Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nyayu Khodijah. 2014. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ngali Purwanto. 2000. Psikologi pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Oemar Hamalik. 2010. Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta:PT. bumi Aksara.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Sugiyono. 2007. statistik untuk penelitian, Bandung:CV Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sulis Prianto. 2013. Pengaruh kemandirian dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, Surakarta:Skripsi.

Sukardi. 2010. Metologi penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Guru & anak didik dalam intraksi edukatif, Jakarta: Reneka cipta.

Slameto. 2010. belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta:PT. Rineka Cipta.

S. Nasution. 2008.Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar , Jakarta: PT Bumi Aksara

Suparman S. 2010. Gaya belajar yang menyenangkan siswa, Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan peserta didik, Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2016-06-17