Persepsi Keterampilan Berpikir Kreatif Calon Guru Matematika di Universitas Muhammadiyah Makassar dalam Memecahkan Masalah Matematika Geometri

Authors

  • Sri Rahayu Program Studi Pendidikan Matematika STKIP YPUP MAKASSAR

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v5i1.401

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bertujuan untuk mengetahui pemahamn guru terhadap keterampilan berpikir kreatif. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa matematika di Universitas Muhammadiyah Makassar. Data tentang persepsi mahasiswa terhadap keterampilan berpikir kreatif dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada semua mahasiswa. Data tentang keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah geometri dikumpulkan dengan menggunakan tes pemecahan masalah open ended yang disebarkan ke semua mahasiswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan penyimpulannya di dasarkan atas persentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) 90,47% calon guru belum memahami dan mengenal konsep keterampilan berpikir kreatif dan 99,04% calon guru belum pernah mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa dan 1,9% calon guru berada pada kategori tingkatan keterampilan berpikir pada tingkatan sangat kreatif, 2,86% calon guru berada pada tingkatan keterampilan berpikir kreatif pada kategori kreatif dan 95,23% calon guru berada pada kategori tidak kreatif. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Calon Guru, dan Pemecahan Masalah

References

Dan, Q., & Xie, J., 2011. Mathematical Modelling Skills and Creative Thinking Levels: An Experimental Study, International Perspectives on the Teaching and Learning of Mathematical Modelling. DOI 10.1007/978-94-007-0910-2_45, 457-466.

Fisher, R., 2004. Unlocking Creativity Teaching Across The Curriculum. the online Library

Hwang, W., Y., dkk. 2007. Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System, Educational Technology & Society, Vol. 10 (2), 191-212.

Krumm, G., Filipppetti, V., A. 2016. Construct validity and factorial invariance across sex of the Torrance Test of Creative Thinking Figural Form A in Spanish-speaking children, journal home page, Vol. 22: 180-189

Masingila, J. O., Kimani, P, & olanoff, D. 2017. Mathematical knowledge for teaching teachers: knowledge used and developed by mathematics teacher educators in learning to teach via problem solving, Journal of Mathematics Teacher Education, DOI: 10.1007/s10857-017-9389-8

Nakin, 2003, Creativity and Divergent Thinking in Geometry Education, Disertasi, Universitas of south Africa.

Singer, F. M., Ellerton, N. F., & Cai, J. 2015a. Mathematical problem posing: from research to effective practice, New York: Springer.

Singer, F. M., Voica, C., Pelczer, I. 2017. Cognitive styles in posing geometry problems: implications For assessment of mathematical creativity, ZDM Mathematics Education. New York: Springer.

Sriraman, B. 2004. The Characteristics of Mathematical Creativity, The Mathematics Educator, Vol. (14)1: 19-34.

Sternberg, R. J. 2012. The Assessment of Creativity: An Investment-Based Approach, Creativity Research Journal, Vol. (24)1: 3-12.

Torrance, E. P. 1974. Torrance tests of creative thinking: Norms technical manual. Lexington, MA: Ginn.

Wang, A., Y. 2011. Contexts of Creative Thinking: A Comparison on Creative Performance of Student Teachers in Taiwan and the United States. Journal Of International and cross-Cultural Studies, Vol 2(1), 1-14.

Zopf, D. 2010. Mathematical knowledge for teaching teachers: The mathematical work of and knowledge entailed by teacher education. Unpublished doctoral dissertation. Retrieved from

http://deepblue.lib.umich.edu/bitstream/handle/2027.42/77702/dzopf_1.pdf.

Downloads

Published

2017-06-27