Meningkatkan Hasil Belajar Trigonometri melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Siswa Kelas X1 SMA Muhammadiyah Ambon

Authors

  • Syafruddin Kaliky Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v5i1.404

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran dengan setting kelas yang dibuat secara berkelompok, yang bermaksud untuk dapat membantu siswa dalam proses konstruksi pengetahuannya, karena selain siswa belajar bersama guru, siswa juga belajar bersama–sama teman di kelompok kecil. Sementara model pembelajaran kooperatif tipe Think–Pair–Share (TPS) merupakan pembelajaran dengan pendekatan struktural (PS) dimana siswa ditempatkan dalam kelompok belajar yang heterogen dengan beranggota 2 orang atau berpasangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar trigonometri siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Ambon dengan pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair -Share. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian tindakan kelas (classroom actions research). Subjek penelitian yaitu siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Ambon tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 21 orang siswa. Namun data lengkap yang digunakan untuk dianalisis dalam penelitian ini berjumlah 16 orang siswa Instrument yang digunakan berupa soal tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Ambon pada materi trigonometri. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada hasil tes yang dimulai dari tes akhir siklus I hingga tes akhir siklus III. Pada tes akhir siklus I diperoleh nilai 60 sebanyak 5 siswa (31,25%) dan rata-rata kelas 49,47. Pada siklus II juga terjadi peningkatan dimana siswa memperoleh nilai 60 sebanyak 8 siswa (50%) dengan rata-rata kelas pada tes akhir siklus II yaitu 57,75. Selanjutnya pada siklus III terjadi peningkatan yaitu siswa yang memperoleh nilai 60 sebanyak 12 siswa (75%) dengan rata-rata kelas pada tes akhir siklus III meningkat menjadi 68,75. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS, Hasil Belajar, Trigonometri

References

Arikunto, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Leiwakabessy Fredy, Modul model- model pembelajaran inovatif: tidak dipublikasikan

Lie anita, 2002. Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo.

Muhibin, 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ratumanan,T.G.2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran Berorentasi Stándar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana prenada media group.

Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwarsih. 2006. Teori dan Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Alphabet.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Warela, Yunus dkk. 2004. Kemampuan Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Matematika 2004/2005, Buletin Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 2. Ambon: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura.

Downloads

Published

2017-04-02