THE EFFECT OF THE POWER OF TWO METHOD.ON MATHEMATICAL REASONING ABILITY OF CLASS VIII MTs DARUL ABROR KEDUNGJATI PURBALINGGA
DOI:
https://doi.org/10.33477/mp.v11i1.4123Keywords:
The Power of Two Method, Mathematical Reasoning Ability, Mathematics.Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode The Power of Two terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Daru Abror Kedungjati Kabupaten Purbalingga. Dari teknik Simple Random Sampling diperoleh sampel kelas VIII C yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas Kontrol dan kelas VIII F yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas Eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan Uji t. Berdasarkan hasil uji N-Gain, diperoleh rata-rata 0,8475 pada kelas eksperimen pada kategori tinggi. Sedangkan rata-rata pada kelas kontrol sebesar 0,6454 pada kategori sedang. Dengan hasil perolehan rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen lebih unggul dari kelas kontrol maka bisa disimpulkan bahwa penerapan metode The Power of Two dalam pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VIII MTs Darul Abror Kedungjati Kabupaten Purbalingga.
Kata Kunci: Metode The Power of Two; Penalaran Matematis; Matematika
Abstract
This study aimed to determine the effect of The Power of Two method on students' mathematical reasoning abilities in two-variable Linear Equation Systems. The population in this study were all students of class VIII MTs Daru Abror Kedungjati, Purbalingga Regency. From the Simple Random Sampling technique, a sample of 28 students was obtained from class VIII C as the Control class and 28 students from class VIII F as the Experiment class. Data collection methods in this study were interviews, tests, observation, and documentation. Data analysis used a normality test, homogeneity test, N-Gain test, and t-test. Based on the results of the N-Gain test, an average of 0.8475 was obtained in the experimental class in the high category. At the same time, the average in the control class is 0.6454 in the medium category. With the results of obtaining an average N-Gain value for the experimental class superior to the control class, it can be concluded that the application of The Power of Two method in learning affects students' mathematical reasoning abilities in class VIII MTs Darul Abror Kedungjati, Purbalingga Regency.
Keywords: The Power of Two Method; Mathematical Reasoning Ability; Mathematics.
References
Ardi, M., Latuconsina, N. K., Angriani, A. D., & Kusumayanti, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i1.13713
Arikunto, S. (2018). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Aksara.
Batubara, H. H., Sumantri, M. S., & Marini, A. (2014). Media Pembelajaran Komprehensif. CV Graha Edu.
Bella, Y., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2019). Peranan Metode Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 129. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.821
Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Information asymmetry, market liquidity and the depreciation of residential property. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (N. F. Atif (ed.)). Refika Aditama.
Malik, R. P., Afandi, A., Nan, K. La, & Hamid, H. (2020). Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar Di SMP Negeri 3 Kota Ternate. 2(1), 78.
Nasional, D. P. (2002). Kuriulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Menengah Atas dan Aliyah. Depdiknas.
Nursoffina, M., & Efendi, N. (2021). Analysis of the Relationship between Mathematical Reasoning and Problem Solving of Elementary Students Mathematics Material. Academia Open, 6, 1–11. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1813
Pugalee, D. A. (2001). Using Communication to Develop Students’ Mathematical Literacy. Journal Research of Mathematics Education, 6(5), 296–299.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Ratnasari, D., Subandi, & Putra, F. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 163–174.
Rika Dwiana Putri. (2020). Perbandingan Kekuatan Uji Metode Kolmogorov Smirnov, Anderson Darling, dan Shapirong- Wilk untuk Menguji Normalitas Data. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Santana, H. H., Sunarso, A., & Mariani, S. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran dalam Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Confidence melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Basicedu, 6(5), 7879–7887. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3643
Sumardi. (2002). Pengembangan Penalaran Lewat Bahasa. Yayasan Obor Indonesia.
Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Usmadi. (2020). Penguji Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(150).
UUD RI RI No. 41. (2003). Presiden republik indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1, 1–5.
Wanti, Nopia, Juariah, Farlina, E., & Sugilar, Hamdan Kariadinata, R. (2017). Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Analisa, 3(1), 56–69.
Widayanti, N. S. (2010). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Skripsi (Universitas Negeri Yogyakarta), 1–226.
Wijayanti, D. (2021). Biostatistika. Media Nusa Creative.