Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mandiri Berbasis Soal Terbuka dalam Pembelajaran Kalkulus pada Prodi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar

Authors

  • Arianti Arianti Teknik Informatika STMIK Kharisma Makassar
  • Hardiyanto Hardiyanto Teknik Informatika STMIK Kharisma Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.441

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran mandiri berbasis soal terbuka berupa Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan Modul. Proses Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mandiri Berbasis Soal Terbuka ini mengikuti model pengembangan Plomp, yaitu: (1) Fase Investigasi Awal (Preliminary Investigation Phase), mencakup kajian teori pendukung, analisis masalah pembelajaran, analisis kurikulum, analisis karakteristik mahasiswa, dan analisis konsep, (2) Fase Perancangan (Design Phase), pada fase ini dirancang perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang dibutuhkan, (3) Fase Realisasi/Konstruksi (Realization/Construction Phase), pada fase ini dilakukan penyusunan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian berdasarkan rancangan pada fase perancangan, dan (4) Fase Tes, Evaluasi, dan Revisi (Test, Evaluation and Revision Phase), pada fase ini dilakukan dua kegiatan utama, yaitu: (a) Validasi perangkat pembelajaran dan (b) Uji Coba. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang diperoleh yaitu (1) perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria kevalidan (valid: 2,5 M < 3,5) berdasarkan nilai rata-rata total validasi oleh dua orang validator terhadap SAP sebesar 3,48 dan Modul sebesar 3,42, (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria kepraktisan (terlaksana seluruhnya: 1,5 ≤ M ≤ 2,0) berdasarkan nilai rata-rata total aspek keterlaksanaan pembelajaran dari dua orang pengamat sebesar 1,54, (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan efektif karena ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal sebesar 87% telah memenuhi kriteria yang ditetapkan yaitu minimal 85% mahasiswa, sebanyak 24 atau 61% mahasiswa memiliki nilai kreativitas di atas nilai minimal 65, aktivitas mahasiswa dapat dikatakan ideal karena setiap kegiatan berada pada interval toleransi waktu yang diberikan, serta sebanyak 75% mahasiswa memberikan respons positif terhadap perangkat dan pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran Mandiri, Soal Terbuka, Kalkulus   Abstract The research aims was conducted to develop independent learning devices with open-questfon basis in fomrs of Satuan Acara Perkuliahan (SAP) or Course Unit and Module. The development process of independent learning devices with open-questions basis refered to Plomp's development model, namely: (1) Preliminary Investigation Phase, consisted of theoretical literature study, learning problem analysis, curriculum analysis, students’ characteristics analysis, and conceptual analysis; (2) Design phase, where the researcher designed the necessary learning devices and research instruments; (3) Realization/ Construction phase, where the researcher produced the learning devices amd research instruments based on the design form of the design phase; (4) Test, evaluation and revision phase, conducted in two main activities: (a) Learning devices validation, and (b) Trial process. The results of development of learning devices reveal that: (1) the learning devices have met validation criteria (valid: 2.5 ≤ M ≤ 3.5) based on validation average score of two assessors on SAP is 3.48, and the module is 3.42, (2) the development of learning devices have met the practical criteria (implemented entirely: 1.5 ≤ M ≤ 2.0) based on the average score of learning implementation aspect from two observer, 1.54; (3) the development of leaming devices is stated as effective because the students' classical learning completeness is 87% which have met the completeness criteria, where minimal 85% of the sfudents, 24 students or 61% of them obtain creative score above minimal standard of 65, students' activity can be stated as ideal because each activity is in the tolerant given time, and 75% of the students give positive response to learning instruments and learning process. Keyword: Independent Learning Devices, Open-Questions, Calculus

References

Anton, H.., Bivens, Irl & Davis, S. (2012). Calculus Single Variable 10th Edition. New York: John Willey and Sons.

Arsyad, N. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognisi untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Johson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Terjemahan oleh Setiawan, Ibnu. 2009. Bandung: Mizan Media Utama.

Josep, K. K. (2014). Assessment for Learning: Using Open-Ended Tasks in The Mathematics Lesson. AME-SMA 2014 Conference (Online). Mathematics and Mathematics Educatioan Academic Group National Instituted of Education. (http://math.nie.edu.sg, Diakses 07 Oktober 2015)

Nieveen, N. & Folmer, E. (2013). Formative Evaluation in Educational Design Research. Plomp, Tjeerd & Nieveen, Nienke (Eds). Educational Design Research Part A: An Introduction (Online). Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO). (http://www.slo.nl, Diakses 13 September 2015)

Paduppai, D. (2000). Pengembangan Paket Kerja dalam Pembelajaran Kalkulus untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama (TPB) FPMIPA IKIP Ujungpandang. Eksponen: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika & Matematika, ISSN 1410-5969, Volume 2 Nomor 2, hal. 174-182. Makassar: FMIPA UNM Makassar.

Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. Plomp, Tjeerd & Nieveen, Nienke (Eds). Educational Design Research Part A: An Introduction (Online). Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO). (http://www.slo.nl, Diakses 13 September 2015)

Purcell, E. J., Varberg, D., & Rigdon, S. (2010). Calculus Ninth Edition. Shoutrn Illinois University Edwardsville.

Shanchez, W. B. (2013). Open-Ended Question and The Process Standard. Mathematics Teacher Vol. 107, No. 3 October 2013 (Online). NCTM. (https://cliu21cng.wikispaces.com, Diakses 21 Oktober 2015)

Zumbrunn, S., Tadlock, J. & Roberts, E. D. (2011). Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom: A Review of the Literature. Metropolitan Educational Research Consortium (MERC) (Online). (http://www.self-regulation.ca. Diakses 21 Oktober 2015)

Downloads

Published

2018-07-10