Metode Permainan Bingo Matematik pada Materi Operasi Hitung Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Authors

  • Hery Setiyawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.662

Abstract

Abstrak Penelitian ini bermaksud mengembangkan dan mengimplementasikan permainan bingo matematik untuk meningkatkan keterampilan berhitung operasi pecahan siswa SD. Selain itu penelitian ini akan mendeskripsikan hasil belajar, aktivitas belajar respon siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan permainan bingo matematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode permainan bingo matematik dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Pakis V Surabaya. Hasil yang didapat dari penelitian ini berupa data aktivitas siswa yang dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa yang menunjukkan bahwa siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran. Data respon siswa yang dikumpulkan melalui angket terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode permainan bingo matematik adalah positif. Data hasil belajar siswa menggunakan tes hasil belajar yang menentukan ketuntasan belajar baik individu maupun klasikal Aktivitas rata-rata peserta didik aktif lebih besar dari rata-rata aktivitas peserta didik pasif (66,44% > 52,62%), respon yang ditangkap oleh siswa kelas IV SDN Pakis 5 Surabaya selama proses pembelajaran menggunakan metode permainan bingo matematik adalah positif dan memiliki minat dalam mengikuti pembelajaran. Hasil perolehan belajar siswa kelas IV SDN Pakis 5 Surabaya selama proses pembelajaran menggunakan metode permainan bingo matematik adalah sebesar 89,18% sehingga secara klasikal dapat dinyatakan tuntas. Kata kunci: Operasi hitung pecahan, metode permainan bingo matematik, hasil belajar siswa sekolah dasar. Abstract This study intends to develop and implement mathematical bingo games to improve numeracy skills of elementary school students fractional operations. In addition, this study will describe the results of study before, after and learning activities of students in the learning of mathematics using mathematical bingo game. The method used in this research is the method of mathematical bingo game with the subjects in this study is the 4th grade students of SDN Pakis V Surabaya. The results obtained from this research is a student activity data were collected using observation sheet student activity indicating that the student is active in the following study . Student response data were collected through questionnaires to learning by using mathematical methods bingo game is positive. Data of student learning outcomes using achievement test that determines whether individual mastery learning and classical Activities average active learners greater than average activity passive learners (66,44% > 52,62%), responses were captured by fourth grade students of SDN Pakis 5 Surabaya during the learning process using mathematical methods bingo game is positive and has an interest in participating in learning. The result of the acquisition of the fourth grade students of SDN Pakis 5 Surabaya during the learning process using mathematical methods bingo games amounted to 89.18 %, so the classical can be declared complete.

Author Biography

Hery Setiyawan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

matematika

References

Abu A. dan Joko T. P. (2005). Strategi Belajar – Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 th 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Dinar, S. J. (2014). Penerapan Metode Permainan Bingo untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. Bandung: UPI Press.

Djamarah, S. B. dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

DjamarahS. B.dan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gerlach, V.S. dan Ely, D. P. (1980). Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Heruman. (2012). Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Rosdakarya.

Hudoyo, H. (1988). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud.

Hudojo.(2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Indaryanti. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Individual dalam Mata Pelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, nomor 2, http://eprints.unsuri.ac.iddiakses pada tanggal 5 Mei 2016.

Rahayu, P. (2012). Implementasi dan Pengembangan Model Permainan Funtastic “Ganbatte dan Bingo Matematik” untuk Meningkatkan Ketrampilan Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas 3 SD. Bandumg: UPI Press.

Rohmah, D. Y. (2002). Pengaruh Sikap dan Gender terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa SMP Negeri Kelas VII. Yogyakarta: UNY Press.

Sadiman, A. (2002). Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto.(2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta: PT Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2018-12-29