Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kepribadian
DOI:
https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.666Abstract
Abstrak Kemampuan berpikir kreatif merupakan suatu hal yang sangat diperlukan untuk mendorong seseorang terampil memecahkan masalah. Setiap orang mempunyai cara berpikir kreatif yang berbeda karena setiap orang mempunyai tipe keperibadian yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kreatif siswa bertipe kepribadian sanguinis, koleris, melankolis, dan phlegmatis dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah tujuh siswa Gradien Private yang terdiri dari satu subjek pada masing-masing tipe kepribadian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data hasil tes kepribadian, data hasil tes pemecahan masalah, dan data hasil wawancara. Tes pemecahan masalah dianalisis dengan mendeskripsikan komponen-komponen berpikir kreatif, yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap tipe kepribadian mempunyai keterampilan berpikir kreatif yang berbeda-beda dalam memecahkan masalah. Tipe kepribadian phlegmatis mampu menunjukkan komponen kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Tipe kepribadian sanguinis, dan koleris mampu menunjukkan komponen kefasihan, dan fleksibilitas, sedangkan tipe kepribadian melankolis hanya mampu menunjukkan komponen kefasihan. Semua tipe kepribadian menggunakan cara coba-coba dalam memecahkan masalah. Kata kunci: Berpikir kreatif, pemecahan masalah, tipe kepribadian. Abstract Creative thinking ability is needed to push everyone to solve the problem skill fully. Everyone has different way in creative thinking because everyone has different personality type. The aim of this research is to describe the profile of creative thinking skill of students personality type sanguine, choleric, melancholic, and phlegmatic in problem solving. This research is descriptive using qualitative approach. This research is conducted on 7 students at Gradien Private consist of one subjects in each personality type. The data obtained in this research are personality test data, problem solving test data, and interview data. Problem solving test is analyzed by describing the creative thinking components those are fluency, flexibility, and novelty. The result shows that each personality type has different creative thinking skill in solving problem. Phlegmatic personality types is able to show the components of fluency, flexibility, and novelty. Sanguine, and choleric personality types are able to show the components of fluency, and flexibility, but personality type of melancholic is only able to show fluency components. Those four personality types use trial and error to solve the problemReferences
Asyahida, J. (2017). Check Up Kepribadianmu. Yogyakarta: Psikologi Corner.
Emanuel, R.C. (2013). Do certain personality types have a particular communication style?. International Journal of Social Science and Humanities, 2(1), 4-10.
Fitria, C., dan Siswono, T.Y.E. (2014). Profil keterampilan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian (sanguinis, koleris, melankolis, dan phlegmatis). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 23-31.
Komaruddin, Sujadi, I., dan Kusmayadi, T.A. (2014). Proses berpikir kreatif siswa smp dalam pengajuan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 29-43.
Peranginangin, S.A., and E. Surya. (2017). An analysis of students’ mathematics problem solving ability in VII grade at smp negeri 4 pancurbatu. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 57-67.
Rahman, A., and A.S. Ahmar. (2016). Exploration of mathematics problem solving process based on the thinking level of students in junior high school. International Journal of Environmental & Science Education, 11(14), 7278-7285.
Rahmi, H.M. (2018). Cara Praktis Membaca Kepribadian Orang lain. Yogyakarta: Checklist.
Siswono, T.Y.E. (2011). Level of student’s creative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Review, 6 (7), 548-553.
Sugiyanto, F.N., M. Masykuri, and Muzzazinah. (2018). Analysis of senior high school students’ creative thinking