Evaluation of The Learning Program of Mathematics Study Program at Islamic Institute Of Muhammadiyah Sinjai

Authors

  • Danial Danial Islamic Institute of Muhammadiyah Sinjai
  • Nurjannah Nurjannah Islamic Institute of Muhammadiyah Sinjai
  • Mirna Mirna Islamic Institute of Muhammadiyah Sinjai

DOI:

https://doi.org/10.33477/mp.v7i1.1046

Keywords:

Context Evaluation, Input Evaluation, Process Evaluation, Product Evaluation

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran matematika di Lembaga Agama Islam Muhammadiyah Sinjai, di samping penelitian ini untuk mendeskripsikan masalah yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di Lembaga Agama Islam Muhammadiyah Sinjai yang meliputi perencanaan pembelajaran , implementasi pembelajaran, dan penilaian pembelajaran semester. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, lembar observasi dan, dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah dosen matematika yang mengajar di Program Studi Matematika sebanyak 3 dosen yang memiliki latar belakang pendidikan magister berbeda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Evaluasi Konteks, dalam aspek ini menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian antara kesiapan sekolah, staf pengajar, dengan tujuan program pembelajaran matematika di Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai, dikategorikan sangat baik, (2) Input Evaluasi, pada aspek input pembelajaran Matematika untuk mata pelajaran SY, IM dan FT berada dalam kategori baik (B), (3) Evaluasi Proses, dalam aspek proses pelaksanaan pembelajaran matematika untuk mata pelajaran SY dan IM dalam kategori baik dan untuk mata pelajaran FT dalam kategori cukup, (4) Evaluasi Produk, Penilaian pembelajaran matematika oleh guru berdasarkan kurikulum Program Studi dalam mata pelajaran SY, IM dan FT berada dalam kategori cukup. Abstract This study aims to describe the results of evaluating the implementation of mathematics learning at the Islamic Institute of Muhammadiyah Sinjai, in addition to this study to describe the problems that arise in the implementation of mathematics learning at the Islamic Institute of Muhammadiyah Sinjai which includes learning planning, learning implementation, and semester learning assessment. The instruments used in this study were questionnaires, observation sheets and, documentation. The subjects of this study were mathematics lecturers who taught in the Mathematics Study Program as many as 3 lecturers who had different master's educational backgrounds. The data analysis technique used in this study is qualitative data analysis. The results showed that (1) Context Evaluation, in this aspect showed that there was a match between school readiness, teaching staff, with the aim of the mathematics learning program at the Islamic Institut of Muhammadiyah Sinjai, categorized very well, (2) Input Evaluation, on the input aspect Mathematics learning for SY, IM and FT subjects is in a good category (B), (3) Process Evaluation, in the aspects of the process of implementing mathematics learning for SY and IM subjects in the good category and for FT subjects in the sufficient category, (4) Product Evaluation, Assessment of mathematics learning by teachers based on the Study Program curriculum in SY, IM and FT subjects is in the sufficient category.

References

Abdul, Jabar dan Arikunto, Suharsimi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fadillah, M. (2014). Impelentasi Kurikulum program studi dalam Pembelajaran SD/MI, SYP/MTS, SYA/MA. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Gie, The Liang. (1993). Filsafat Matematika Bagian Kedua Epistimologi Matematika. Yogyakarta: PUBIB.

Hasan, Hamid. (2008). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhaimin, dkk. (2008). Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Universitas Dasar & Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nusantara, Bayu (2017) Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran Matematika SD di Kecamatan Bantaeng. S2 thesis, UNY.

Tayibnapis. F.Y (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibowo, Ari. (2013). Implementasi Standar Proses dan Dampak Kognitifnya Dalam Pembelajaran Matematika Oleh Dosen Yang Tersertifikasi dan Belum Tersertifikasi Di 2017/2018p Negeri 21 Makassar, (not published). Makassar: Program Pascasarjana UNM Makassar.

Downloads

Published

2019-11-13