PERANAN BI’AH LUGHAWAIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB SANTRI MA’HAD DAR AL-QURAN TULEHU MALUKU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.33477/lingue.v1i1.1179Abstract
Abstract This study aims to prove the role of the linguistic environment (bi'ah lughawiyyah) in improving four Arabic language skills (listening, speaking, reading and writing) in Arabic language learners in formal institutions. As well as analyzing how the lughawiyyah bi'ah creation strategy is making an improvement in Arabic language proficiency. This research is a qualitative research with observation and interview research instruments. The results of the study prove that the bi'ah lughawiyyah has an active role in improving four Arabic language skills and the strategy used is to make habituation using Arabic, hold special language days, carry out ilqa al-mufradat activities, learners are required to practice muhadasah, provide imla muwajjah training, held lughah court, the goal is that they do not forget, ashamed, and afraid of wrong in speaking with Arabic. Keywords: language environment (bi'ah lughawiyyah), Arabic language proficiency Abstrak Penelitian ini bertujuan membuktikan peranan lingkungan bahasa (bi’ah lughawiyyah) dalam meningkatkan empat kemahiran berbahasa Arab (menyimak, berbicara, membaca dan menulis) pembelajar bahasa Arab yang ada di lembaga formal. Serta menganalisa bagaimana strategi penciptaan bi’ah lughawiyyah yang membuat peningkatan kemahiran berbahasa Arab. penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan instrumen penelitian observasi dan wawancara. Hasil penelitian membuktikan bahwa bi’ah lughawiyyah sangat berperan aktif dalam meningkatkan empat kemahiran berbahasa Arab dan strategi yang digunakan adalah menjalankan pembiasaan menggunakan bahasa Arab, mengadakan hari khusus berbahasa, melakukan kegiatan ilqa al-mufradat, pembelajar diwajibkan berlatih muhadasah, memberikan latihan imla muwajjah, diadakan mahkamah lughah, tujuannya agar mereka tidak lupa, malu, dan takut salah dalam bercakap dengan bahasa Arab. Kata kunci : lingkungan bahasa (bi’ah lughawiyyah), kemahiran berbahasa ArabReferences
Abdul Wahab, Muhbib. 2008. Epistemologi dan Metodologi pembelajaran bahasa Arab, Jakarta: LPUIN Jakarta.
Abdullah al-Ghani, Nashir dan Abdul Hamid Abdullah, Usus I’dad Al-Kutub Al-Ta’limiyyah Li ghairi al-Nathiqina Bi al-‘Arabiyyah, Dar Al-I’thisham, Tanpa Tahun.
Ahad Zaini Dahlan, Al-Sayyid. Syarhu Mukhtashar Jiddan ‘Ala Matni Al-Jurumiyyah, Semarang: Usaha Keluarga, Tanpa Tahun.
Anis, Ibrahim, et.al. 1972. al-Mu’jam al- Wasith, Cet. III. Qahirah.
Cahya Setiyadi, Alif dkk, “Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen”, Jurnal At-Ta’dib Fakultas Tarbiyah Institut Studi Islam Darussalam Gontor, Vol. 8, No. 2, Edisi Desember 2013, hal. 265-280.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik; Perkenalan Awal, Jakarta: Rineka Cipta.
Ellis, Rod. 1985. Understanding Second Language Acquisition. New York: Oxord University Press.
Fathonah, Ghina. “Menciptakan Bi’ah ‘Arabiyyah: Pembelajaran Berbasis Lingkungan Bahasa”. Afaq ‘Arabiyyah Jurnal Kebahasaaaban dan Pendidikan Bahasa Arab, PBA, FITK UIN Jakarta, Vol. 4, No.1, Edisi Juni 2009, hal.57-72.
Fuad Effendi, Ahmad. 2009. Metodelogi Pengajaran Bahasa Arab, Malang : Misykat.
Guntur Tarigan, Henri. 1994. Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.
Habibah, Nur “Lingkungan Artifisil Dalam Pembelajaran Bahasa Arab”, Arabiyat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahsaaraban. Vol.3, No. 2, Tahun 2016, hal. 173-196.
Habibi Syahid, Ahmad. “Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Teritis Pemerolehan Bahasa Arab Pada Siswa Non Native)” Arabiyat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. Vol. 2, No. 1, Tahun 2015, hal. 86-97.
Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermawan, Acep. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Isma’il Shini, Mahmud, et.al., 1985. Mursyid al-Mu’allim Fi Tadris al-Lughah al-‘Arabiyyah Li Ghairi al-Nathiqina Biha- Tathbiqat Amaliyyah Li Taqdim al-Durus Wa Ijrak al-Tadribat, Riyad : Maktab al-Tarbiyah al-Arabi.
Johnson, Keith. 2001. An Introduction To Foreign Language Learning And Teaching, England: Pearson Education Limited.
Krashen, S. 1981. Second Language Acquision And Second Language Leaning. Oxford : Pegamon Press.
Mujib, Fathul. 2010. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab. Yogyakarta: Pedagogia.
Munawwir, A. W. 1984. Kamus Al-Munawwir Arab Indonesia Terlengkap, Cet. I. Yoyakarta: Pustaka Progressif.
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Zulhannan. 2015. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
If accepted for publication, the copyright of the article belongs to the author. Copyright includes the exclusive right to reproduce or transmit manuscripts in any form and media: reprint, produce photographs, microfilm, or translated versions of the manuscript. Increasing parts of this journal, storage and transmission of databases of any form or media, such as electronic copies, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media and so on are permitted without permission. LINGUE: Jurnal Bahasa, Budaya dan Sastra, allow readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link the fulltext of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. However, it can not be used for commercial purposes
Jika diterima untuk publikasi, hak cipta artikel adalah milik penulis. Hak Cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi atau mengirimkan manuskrip dalam bentuk dan media apa pun: mencetak ulang, menghasilkan foto, mikrofilm, atau versi terjemahan dari manuskrip tersebut. Memperbanyak bagian jurnal ini, penyimpanan dan transmisi database dalam bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, salinan elektrostatis dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetis, dan sebagainya diizinkan tanpa izin. LINGUE: Jurnal Bahasa,Budaya dan Sastra, memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca untuk menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya. Namun, tidak dapat digunakan untuk tujuan komersial
LINGUE : Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-TanpaTurunan 4.0 Internasional.