PERANAN BI’AH LUGHAWAIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB SANTRI MA’HAD DAR AL-QURAN TULEHU MALUKU TENGAH

Authors

  • Hayati Nufus IAIN AMBON

DOI:

https://doi.org/10.33477/lingue.v1i1.1179

Abstract

Abstract This study aims to prove the role of the linguistic environment (bi'ah lughawiyyah) in improving four Arabic language skills (listening, speaking, reading and writing) in Arabic language learners in formal institutions. As well as analyzing how the lughawiyyah bi'ah creation strategy is making an improvement in Arabic language proficiency. This research is a qualitative research with observation and interview research instruments. The results of the study prove that the bi'ah lughawiyyah has an active role in improving four Arabic language skills and the strategy used is to make habituation using Arabic, hold special language days, carry out ilqa al-mufradat activities, learners are required to practice muhadasah, provide imla muwajjah training, held lughah court, the goal is that they do not forget, ashamed, and afraid of wrong in speaking with Arabic. Keywords: language environment (bi'ah lughawiyyah), Arabic language proficiency Abstrak Penelitian ini bertujuan membuktikan peranan lingkungan bahasa (bi’ah lughawiyyah) dalam meningkatkan empat kemahiran berbahasa Arab (menyimak, berbicara, membaca dan menulis) pembelajar bahasa Arab yang ada di lembaga formal. Serta menganalisa bagaimana strategi penciptaan bi’ah lughawiyyah yang membuat peningkatan kemahiran berbahasa Arab. penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan instrumen penelitian observasi dan wawancara. Hasil penelitian membuktikan bahwa bi’ah lughawiyyah sangat berperan aktif dalam meningkatkan empat kemahiran berbahasa Arab dan strategi yang digunakan adalah menjalankan pembiasaan menggunakan bahasa Arab, mengadakan hari khusus berbahasa, melakukan kegiatan ilqa al-mufradat, pembelajar diwajibkan berlatih muhadasah, memberikan latihan imla muwajjah, diadakan mahkamah lughah, tujuannya agar mereka tidak lupa, malu, dan takut salah dalam bercakap dengan bahasa Arab. Kata kunci : lingkungan bahasa (bi’ah lughawiyyah), kemahiran berbahasa Arab

References

Abdul Wahab, Muhbib. 2008. Epistemologi dan Metodologi pembelajaran bahasa Arab, Jakarta: LPUIN Jakarta.

Abdullah al-Ghani, Nashir dan Abdul Hamid Abdullah, Usus I’dad Al-Kutub Al-Ta’limiyyah Li ghairi al-Nathiqina Bi al-‘Arabiyyah, Dar Al-I’thisham, Tanpa Tahun.

Ahad Zaini Dahlan, Al-Sayyid. Syarhu Mukhtashar Jiddan ‘Ala Matni Al-Jurumiyyah, Semarang: Usaha Keluarga, Tanpa Tahun.

Anis, Ibrahim, et.al. 1972. al-Mu’jam al- Wasith, Cet. III. Qahirah.

Cahya Setiyadi, Alif dkk, “Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen”, Jurnal At-Ta’dib Fakultas Tarbiyah Institut Studi Islam Darussalam Gontor, Vol. 8, No. 2, Edisi Desember 2013, hal. 265-280.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik; Perkenalan Awal, Jakarta: Rineka Cipta.

Ellis, Rod. 1985. Understanding Second Language Acquisition. New York: Oxord University Press.

Fathonah, Ghina. “Menciptakan Bi’ah ‘Arabiyyah: Pembelajaran Berbasis Lingkungan Bahasa”. Afaq ‘Arabiyyah Jurnal Kebahasaaaban dan Pendidikan Bahasa Arab, PBA, FITK UIN Jakarta, Vol. 4, No.1, Edisi Juni 2009, hal.57-72.

Fuad Effendi, Ahmad. 2009. Metodelogi Pengajaran Bahasa Arab, Malang : Misykat.

Guntur Tarigan, Henri. 1994. Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

Habibah, Nur “Lingkungan Artifisil Dalam Pembelajaran Bahasa Arab”, Arabiyat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahsaaraban. Vol.3, No. 2, Tahun 2016, hal. 173-196.

Habibi Syahid, Ahmad. “Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Teritis Pemerolehan Bahasa Arab Pada Siswa Non Native)” Arabiyat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. Vol. 2, No. 1, Tahun 2015, hal. 86-97.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawan, Acep. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Isma’il Shini, Mahmud, et.al., 1985. Mursyid al-Mu’allim Fi Tadris al-Lughah al-‘Arabiyyah Li Ghairi al-Nathiqina Biha- Tathbiqat Amaliyyah Li Taqdim al-Durus Wa Ijrak al-Tadribat, Riyad : Maktab al-Tarbiyah al-Arabi.

Johnson, Keith. 2001. An Introduction To Foreign Language Learning And Teaching, England: Pearson Education Limited.

Krashen, S. 1981. Second Language Acquision And Second Language Leaning. Oxford : Pegamon Press.

Mujib, Fathul. 2010. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab. Yogyakarta: Pedagogia.

Munawwir, A. W. 1984. Kamus Al-Munawwir Arab Indonesia Terlengkap, Cet. I. Yoyakarta: Pustaka Progressif.

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Zulhannan. 2015. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-01-14

How to Cite

Nufus, H. (2020). PERANAN BI’AH LUGHAWAIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB SANTRI MA’HAD DAR AL-QURAN TULEHU MALUKU TENGAH. Lingue : Jurnal Bahasa, Budaya, Dan Sastra, 1(1), 68–82. https://doi.org/10.33477/lingue.v1i1.1179